Nur, Yusmaniar Alfifah (2023) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DENGAN TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI LANGKAH JOHN DEWEY. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan unggah karya ilmiah.pdf Download (170kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf Download (931kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (421kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (422kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Nur, Yusmaniar Alfifah: Analisis Kemampuan Siswa Dengan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Langkah John Dewey. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2023. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dapat ditinjau menggunakan langkah John Dewey. Salah satu faktor yang mungkin menjadi penyebab adanya tingkat perbedaan yang dimiliki siswa yaitu karena faktor kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari langkah John Dewey. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 1 Siman pada kelas VII A dengan jumlah 26 siswa sebagai subjek penelitian. Sedangkan untuk subjek wawancara dipilih 2 subjek dengan tipe kepribadian ekstrovert dan 2 subjek dengan tipe kepribadian introvert. Untuk teknik penelitian menggunakan tes tipe kepribadian EPI, tes tertulis dan wawancara. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket tipe kepribadian EPI untuk mengetahui tipe kepribadian siswa, kemudian memberikan tes soal cerita matematika untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika, dan yang terakhir melakukan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan subjek dengan tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari langkah John Dewey dapat memenuhi tahap mengenali masalah, memeriksa atau mendefinisikan masalah, dan mengumpulkan beberapa solusi penyelesaian, dimana ekstrovert belum mampu memenuhi tahap menduga akibat solusi penyelesaian dan mengetes akibat. Sedangkan kemampuan siswa dengan tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari langkah John Dewey dapat memenuhi kelima tahapan yaitu mengenali masalah, memeriksa atau mendefinisikan masalah, mengumpulkan beberapa solusi penyelesaian, menduga akibat solusi penyelesaian dan mengetes akibat. Kata kunci: Penyelesaian Masalah, Tipe Kepribadian, Ekstrovert dan Introvert, Langkah John Dewey.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Penyelesaian Masalah, Tipe Kepribadian, Ekstrovert dan Introvert, Langkah John Dewey. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 07:52 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 07:52 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12135 |
Actions (login required)
View Item |