NUR RHOMA DHONA, MARIA (2015) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PADA MATERI MATRIKS UNTUK SISWA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: pengembangan, modul matematika, matriks, model Sugiyono Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan modul matematika yang baik pada materi matriks untuk sekolah lanjutan tingkat atas berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sesuai model Sugiyono. Jarang ditemukan pendidik yang mengembangkan bahan ajar bagi peserta didiknya. Minimnya bahan ajar khususnya modul, menyebabkan peserta didik kesulitan dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan, dengan desain pengembangan yang dipilih menggunakan model Sugiyono. Langkah-langkahnya adalah: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan hasil akhir. Metode pengumpulan data yang dipakai menggunakan metode angket. Angket validator untuk mengetahui sudah valid atau belumnya modul matematika dan angket respon siswa untuk mengetahui respon siswa. Minimnya bahan ajar khususnya modul, menyebabkan peserta didik kesulitan dalam belajar. Peneliti berasumsi bahwa modul matematika pada materi matriks dapat mengurangi kesulitan belajar peserta didik sehingga peserta didik dapat belajar mandiri ataupun dengan bimbingan pendidik serta membantu pendidik dalam proses pembelajaran. Dimulai dari pengumpulan referensi-referensi yang digunakan sebagai bahan penyusunan modul matematika kemudian dibuat desain modul. Desain modul yang dibuat kemudian dikembangkan dan disusun dalam bentuk modul yang selanjutnya disebut prototype I. Prototype I divalidasikan kepada empat ahli, yaitu dua ahli materi dan dua ahli media. Dari hasil perhitungan validasi modul oleh ahli materi diperoleh persentase persepsi validator sebesar 93,5%. Sedangkan dari hasil perhitungan validasi modul oleh ahli media diperoleh persentase persepsi validator sebesar 85,5%. Dari hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi dan ahli media dapat diketahui bahwa modul termasuk kriteria sangat valid dan tanpa revisi. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik maka prototype I direvisi. Prototype I yang telah divalidasi dan direvisi disebut prototype II. Prototype II siap diuji cobakan pada kelompok terbatas. Sebanyak 10 orang siswa kelas X dan 10 orang siswa kelas XI SMK N 1 Mlarak dijadikan sampel penelitian dalam uji coba terbatas. Dari hasil perhitungan diperoleh persentase respon siswa yang belum mendapatkan materi matriks sebesar 82,33%. Sedangkan hasil perhitungan persentase respon siswa yang sudah mendapatkan materi matriks sebesar 86,33%. Dari hasil perhitungan persentase respon siswa yang belum mendapatkan materi matriks dan yang sudah mendapatkan materi matriks maka modul dikatakan mendapatkan respon yang baik (positif) dari siswa sehingga modul sudah baik digunakan sebagai bahan ajar. Untuk kesempurnaan modul dilakukan perbaikan cover berdasarkan komentar dan saran yang diberikan oleh subjek uji coba. Modul yang sudah divalidasi oleh para ahli dan diuji cobakan terbatas maka produk sudah valid dan baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Produk akhir yang dihasilkan adalah modul matematika pada materi matriks untuk siswa sekolah lanjutan tingkat atas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 30 Oct 2015 01:28 |
Last Modified: | 30 Oct 2015 01:28 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1219 |
Actions (login required)
View Item |