PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER KITAB MITRA SEJATI KARYA KH. BISRI MUSTHOFA DI PONDOK PESANTREN AR-ROHMAN TEGALREJO MAGETAN KABUPATEN MAGETAN

Avivatul Putri, Erna (2023) PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER KITAB MITRA SEJATI KARYA KH. BISRI MUSTHOFA DI PONDOK PESANTREN AR-ROHMAN TEGALREJO MAGETAN KABUPATEN MAGETAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (99kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (256kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lamipiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan budi pekerti menjadi urgent jika dikaitkan dengan akhlak generasi muda, sebab para generasi muda lah yang akan membawa agama dan negeri ini ke masa depan. Sebagai contoh, salah satu metode yang diterapkan di pesantren untuk memperbaiki dan membiasakan berakhlak yang baik adalah dengan memberikan pembelajaran akhlak menggunakan kitab klasik. Dalam penelitian ini, kitab pendidikan akhlak yang digunakan yakni Kitab Mitra Sejati karangan KH. Bisri Musthofa Rembang, yang di dalamnya memuat nilai-nilai karakter pendidikan yang jika dihubungkan akan relevan dengan masalah para penerus bangsa, yakni menanamkan nilai-nilai karakter pendidikan. Kitab ini merupakan salah satu kitab yang juga menjadi koleksi dan diajarkan pada santri di Pondok Pesantren “Ar-Rohman” yang berlokasi di Dusun Tegalrejo, Desa Semen, Kecamatan Nguntronadi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dimana pondok pesantren tersebut menjadi lokasi tempat penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kitab Mitra Sejati karya KH. Bisri Musthofa, (2) mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai karakter dalam kitab Mitra Sejati karya KH. Bisri Musthofa pada santri di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo Magetan, (3) mengetahui bagaimana dampak nilai-nilai karakter dalam kitab Mitra Sejati karya KH. Bisri Musthofa pada santri di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo Magetan. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research), menggunakan metode deskriptif analisis melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kitab Mitra Sejati karya KH. Bisri Musthofa ini adalah: religius, jujur, kerja keras, demokratis, toleransi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan peduli lingkungan, (2) kegiatan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Ar-Rohman Tegalrejo Magetan dalam menerapkan atau mengimplementasikan nilai-nilai karakter kitab Mitra Sejati adalah mengkaji kitab Mitra Sejati di kelas menggunakan metode klasik, santri menghafalkan isi kitab dengan syi’ir, adanya ujian semesteran untuk evaluasi dan penilaian pada santri. Selain itu, santri berusaha menerapkan adab budi pekerti dalam hidup sehari-hari, (3) dampak yang dirasakan dalam penerapan nilai-nilai karakter kitab Mitra Sejati adalah adanya perubahan perilaku pada santri sebelum dan sesudah belajar kitab ini, tentunya perubahan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Nilai-nilai karakter, Kitab Mitra Sejati.
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 27 Oct 2023 07:32
Last Modified: 27 Oct 2023 07:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13024

Actions (login required)

View Item View Item