Ariani, Ariani (2024) PENGENALAN KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI UPACARA “MAPALILI” DI BONTOMATE’NE. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (61kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (935kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (521kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (601kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (SKIRIPSI FULL TEXS)
SKIRIPSI FULL TES.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK ARIANI. Pengenalan Kearifan Lokal Pada Anaka Usia Dini Melalui Upacara Mappalili di Bontomate’ne. Skripsi program Pendidikan Guru Pendidkan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2024. Pembimbing (I) Betty Yulia Wulansari, M.Pd. dan pembimbing (II) Nurtina Irsad Rusdia, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengenalan upacara mappalili di Bontomate'ne dapat digunakan untuk mendidik anak-anak muda tentang kearifan lokal melalui perencanaan modul ajar dengan tema aku cinta indonesia Jenis metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penilitian kualitatif Etnografi yang merupakan pekerjaan mendeskripsikan suatu kebudayaan. Tujuan utamanya adalah untuk memahami suatu pandangan hidup dari sudut pandang penduduk asli. Seorang peneliti etnografi harus menerangkan perilaku mansuia dengan menguraikan apa yang ia ketahui, yang membuat dirinya mampu berperilaku sesuai dengan perilaku umum dari masyarakat yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini adalah studi literatur yang dimana peneliti melakukan review dari berbagai sumber, lalu peneliti melakaukan wawancara dengan satu informa yaitu masyarakat Bontomate’ne kemduian yang terakhir yaitu dokumentasi yang dimana peneliti mengumpulkan bukti-bukti kegiatan dilapangan yang akurat. Hasil penilitian pengenalan kearifa lokal pada anak usia dini melalui upacara mappalili, yaitu dengan menerapkan pembelajaran kearifan lokal di sekolah dan pengenalanya dapat melalui perencanaan modul ajar dengan tema aku cinta indonesia yang terdapat beberapa materi seperti pengenalan sejarah upacara mappalili, pengenalan baju adat upacara mappalili, pengenalan alat musik upcara mappalili, pengenalan tarian maggiri, dan pengenalan mengarak arajang. Sekolah mempunyai peran penting dalam menjaga keberlangsungan prinsip-prinsip luhur budaya yang tidak boleh ditinggalkan. Nilai-nilai budaya diturunkan dari generasi tua ke generasi muda. Karena lembaga pendidikan harus secara bersamaan mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh kemajuan teknis yang pesat dan komunikasi global yang semakin rumit dan canggih Kata Kunci: kearifan lokal, AUD, upacara mappalili
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: kearifan lokal, AUD, upacara mappalili |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:17 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:17 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13540 |
Actions (login required)
View Item |