PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, PERAN AUDIT INTERNAL DAN PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PONOROGO

Bella, Alfiya Evita (2024) PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, PERAN AUDIT INTERNAL DAN PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (792kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (754kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah daerah mempunyai hak otonomi daerah untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya, maka pemerintah bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi keuangan secara transparan, andal, dan akuntabel. Pertanggungjawaban tersebut diwujudkan dengan laporan keuangan pemerintah daerah yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi akuntansi, sistem pengendalian internal, peran audit internal, dan penerapan akuntansi berbasis akrual terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Ponorogo. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah perangkat daerah yang menjabat sebagai kepala OPD, sekretaris atau bendahara, dan bidang keuangan atau bidang akuntansi pada OPD Kabupaten Ponorogo yang berjumlah 119 responden. J yang digunakan yaitu data primer dan pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang dipakai pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang mempertimbangkan dengan uji parsial, uji simultan, dan uji determinasi, dengan bantuan SPSS. Pada uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Hal tersebut bahwa semakin akurat informasi yang dihasilkan dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Semakin efektif pelaksanaan sistem pengendalian internal maka akan menghasilkan laporan keuangan pemerintah daerah yang berkualitas. Hasil uji hipotesis ketiga menunjukkan bahwa peran audit internal tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Adapun aktif atau tidaknya peran audit internal dalam pengawasan terhadap laporan keuangan tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Hasil uji hipotesis keempat memperoleh hasil bahwa penerapan akuntansi berbasis akrual berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penerapan akuntansi berbasis akrual membantu mewujudkan akuntabilitas dan keandalan informasi, sehingga dapat mewujudkan tercapainya laporan keuangan yang berkualitas. Pada uji simultan diperoleh hasil bahwa keempat variabel yaitu sistem informasi akuntansi, sistem pengendalian internal, peran audit internal, dan penerapan akuntansi berbasis akrual secara bersama sama berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, dengan tingkat determinasi sebesar 84%. Artinya semakin akurat dan efektif sistem informasi akuntansi, sistem pengendalian internal, dan peran audit internal, serta didukung dengan penerapan akuntansi berbasis akrual yang sesuasi dengan standar akan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Ponorogo.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: SIA, SPI, Peran Audit Internal, Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual, Kualitas Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:36
Last Modified: 25 Jul 2024 06:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14070

Actions (login required)

View Item View Item