PENGARUH KARAKTER NASABAH, JANGKA WAKTU PINJAMAN, SUKU BUNGA PINJAMAN DAN JAMINAN PINJAMAN TERHADAP KREDIT MACET PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) ADITAMA

Anggun, Reny Sasmita (2024) PENGARUH KARAKTER NASABAH, JANGKA WAKTU PINJAMAN, SUKU BUNGA PINJAMAN DAN JAMINAN PINJAMAN TERHADAP KREDIT MACET PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) ADITAMA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (334kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakter nasabah, jangka waktu pinjaman, suku bunga pinjaman, dan jaminan pinjaman terhadap kredit macet pada Koperasi Unit Desa (KUD) Aditama. Objek dalam penelitian ini adala Koperasi Unit Desa (KUD) Aditama yang berlokasi di JL. Jendral Sudirman No.24, Josari Kulon, Jetis, Kabupaten Ponorogo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 nasabah KUD Aditama yang mengalami kredit macet. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adala sampling jenuh. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode pengumpulan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan alat uji analisis SPSS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang pertama menunjukkan bahwa karakter nasabah tidak berpengaruh signifikan terhadap kredit macet. Hal ini dapat diartikan bahwa baik atau tidaknya karakter nasabah bukan menjadi faktor penyebab adanya kredit macet. Adanya faktor kredit macet karena perolehan pendapatan nasabah yang tidak menentu dari sektor swasta salah satunya adalah pedagang, sehingga mengakibatkan nasabah merasa kesulitan dalam membayar angsuran. Berdasarkan pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa jangka waktu pinjaman berpengaruh signifikan terhadap kredit macet. Kondisi tersebut menunjukkan apabila jangka waktu yang diberikan semakin lama maka akan semakin beresiko terhadap kredit macet. Berdasarkan pengujian hipotesis yang ketiga menunjukkan bahwa suku bunga pinjaman berpengaruh signifikan terhadap kredit macet. Artinya semakin tinggi atau seringnya menaikan suku bunga maka akan semakin tinggi kredit macet pada KUD Aditama. maka dari itu, KUD Aditama perlu hati – hati dalam menetapkan suku bunga kredit agar penyaluran kredit kepada masyarakata semakin meningkat. Berdasarkan pengujian hipotesis yang keempat menunjukkan bahwa jaminan pinjaman berpengaruh signifikan terhadap kredit macet. Kondisi ini dapat diartikan bahwa semakin besar nilai jaminan maka semakin kecil adanya resiko kredit macet. Berdasarkan hasil uji hipotesis simultan diperoleh bahwa variabel karakter nasabah, jangka waktu pinjaman, suku bunga pinjaman, dan jaminan pinjaman berpengaruh secara bersama – sama terhadap kredit macet dengan tingkat determinasi sebesar 61,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakter Nasabah, Jangka Waktu Pinjaman, Suku Bunga Pinjaman, Jaminan Pinjaman, Kredit Macet.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:11
Last Modified: 25 Jul 2024 07:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14079

Actions (login required)

View Item View Item