PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PONDOK SABTU MALAM AHAD (AS-SAB’AD) (Studi Kasus di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo)

Fuad, Nur (2015) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PONDOK SABTU MALAM AHAD (AS-SAB’AD) (Studi Kasus di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK & PENGESAHAN.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://libraryumpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan Karakter dan Pondok As-Sab’ad Latar belakang penelitian adalah bahwa dunia pendidikan digoncangkan dengan turunya karakter anak bangsa pada saat ini. Kemudian Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Tegalombo membentuk kegiatan pondok As-Sab’ad yang dapat mengembangkan dan membentuk karakter berani dan bertanggung jawab secara Islami. Santri tidak hanya mempelajari pendidikan umum, akan tetapi melalui kegiatan pondok As-Sab’ad di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo para santri bisa mendapat berbagai ilmu keIslaman yang sangat banyak dan berguna untuk kehidup bermasyarakat kelak . Penelitian : 1). Untuk mendiskripsikan Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan Pondok As-Sab’ad di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo. 2). Untuk mendiskripsikan hasil Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan Pondok As-Sab’ad di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo. Obyek penelitian ini adalah seluruh komponen yang ada di pondok As- Sab’ad MA Muhammadiyah 01 Tegalombo Pacitan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait pendidikan karakter melalui kegiatan pondok As-Sab’ad di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo Pacitan di analisis secara kualitatif. Dari hasil peneletian dapat disimpulkan 1) perencanaan pendidikan karakter melalui pondok As-Sab’ad di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo berbeda dengan sekolah formal yaitu pada pondok As-Sab’ad tidak menggunakan RPP dan silabus akan tetapi membuat target pendidikan karakter pada awal tahun. 2) Proses pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan pondok As-Sab’ad di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo menggunakan metode diskusi, pembiasaan dan pengulangan yaitu mengulang-ulang sampai hafal dan paham. Untuk waktu pelaksanaan pendidikan karakter satu minggu hanya satu hari yaitu hari sabtu malam ahad dan mabit di masjid dan asrama pondok. Materi pendidikan karakter bagi santri kelas satu ulya hafalan al-Qur’an juz 30 dan berpidato dengan membawa teks dan untuk kelas dua dan tiga ulya menghafal al-Qur’an juz satu sampai dua puluh Sembilan dan berpidato dengan hafalan. Sarana yang digunakan masjid, asrama dan audio yang bagus. 3) evaluasi pendidikan karakter pada santri dilaksanakan tiga bulan sekali untuk kelas dua dan tiga ulya dan enam bulan sekali untuk kelas satu ulya. Adapun aspek yang dinilai yaitu: aspek kelancaran hafalan, tajwid fashahah untuk al-Qur’an dan aspek hafalan, pendalaman materi akhlak atau sikap serta keberanian dan sikap tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 14 Dec 2015 02:21
Last Modified: 14 Dec 2015 02:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item View Item