ARIS NOVIANTO, DIAN (2015) Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Ayam Kampung Super(Desa Jambon Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
Cover.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
Abstract
Persaingan usaha yang semakin ketat menuntut setiap pengusaha agar mempertahankan keberadaannnya. Dengan adanya persaingan semakin ketat, sekarang dituntut untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat yang dapat dijadikan senjata dalam perang persaingan antar pengusaha. Strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Ada program pemasaran (seperti periklanan, promosi penjualan, personal selling, layanan pelanggan, atau pengembangan produk) memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap permintaan. Untuk itu pengusaha ayam kampung super di Desa Jambon Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo harus memiliki strategi-strategi baru untuk mengetahui segi positif dan segi negatif, yaitu dengan menggunakan analisa SWOT untuk memformulasikan strategi marketing yang baru. Analisis SWOT merupakan identifikasi akan faktor eksternal dan internal dan strategi yang mencerminkan bandingan antara keduanya. Hal ini didasarkan pada logika bahwa strategi yang efektif adalah memaksimalkan kekuatan dan peluang bisnis, namun pada waktu yang bersamaan meminimumkan kelemahan dan ancaman yang ada. Cara kerja analisis SWOT disini menggunakan matrik dengan memasukkan faktor-faktor lingkungan internal (IFAS) serta memasukkan faktor-faktor lingkungan eksternal pada sel vertikal yang berupa peluang dan ancaman yang dapat diketahui dari hasil analisis lingkungan eksternal (EFAS). Kemudian dari sisa sel yang mempertemukan iv antara faktor-faktor internal dan eksternal tersebut dapat diketahui alternatif-alternatif strategi yang dihasilkan analisis SWOT. Berdasarkan hasil dari analisis faktor eksternal perusahaan pada matrik (EFAS) diperoleh hasil 1,20 (total skor peluang sebesar 1,85 dikurangi total skor ancaman sebesar 0,65) untuk faktor peluang, sedangkan faktor internal perusahaan pada (IFAS) diperoleh hasil 1,05 (total kekuatan sebesar 1,80 dikurangi total skor untuk kelemahan sebesar 0,75) untuk faktor kekuatan. Dari beberapa analisa yang diperoleh, maka strategi yang sesuai untuk usaha ayam kampung super Desa Jambon Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo yang mempunyai peluang lingkungan dengan skor 1,20 dan kekuatan internal dengan skor 1,05 adalah strategi agresif atau perluasan (berdasarkan analisis SWOT) dan usaha ayam kampung super di Desa Jambon Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo memiliki alternatif strategi hold dan mentain atau strategi mempertahankan dan pelihara (berdasarkan analisis Matrik IE). Strategi tersebut dapat dilakukan dengan memaksimalkan kekuatan internal dan eksternal serta memanfaatkan peluang yang ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Economic > Department of Management |
Depositing User: | Editor FE |
Date Deposited: | 15 Dec 2015 02:33 |
Last Modified: | 15 Dec 2015 02:33 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1664 |
Actions (login required)
View Item |