Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar/Madarsah Ibtidaiyah Kategori Unggul (Analysis Best Practice Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak)

Harmanto, Bambang (2014) Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar/Madarsah Ibtidaiyah Kategori Unggul (Analysis Best Practice Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (2). pp. 17-23. ISSN 2303-3800

[img]
Preview
Text
Cover Jurnal Dimensi.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Artikel Menejemen pembelajaran BI Anak.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Pengajaran bahasa Inggris Untuk Anak di SD yang sering disebut English for Young Learners (EYL), yang mulai dikenalkan secara formal di Indonesia sejak tahun 1994 masih menarik untuk diteliti karena hasil pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SD/MI selama ini masih dianggap masih kurang memuaskan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis domain pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan oleh guru di SD/MI unggul di kabupaten Ponorogo yang meliputi: cara guru merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip mengajar bahasa Inggris bagi anak, cara guru mengkondisikan suasana pembelajaran yang sesuai dengan prinsip mengajar bahasa Inggris bagi anak, dan cara guru melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip mengajar bahasa Inggris bagi anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologis dimana peneliti ingin mengkaji keadaan yang nyata pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar di kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian tersebut akan dipaparkan secara deskriptif kualitatif. Dalam persipan mengajar RPP yang mereka siapkan belum sepenuhnya menngacu pada prinsip – prinsip tersebut yang antara lain RPP harus meyakinkan bahwa siswa bisa menikmati pembelajaran bahasa Inggris. Dalam hal pengkondisian kelas selama pembelajaran dari ketiga subjek yang diamati realatif sama. Suasana kelas tercipta cukup kondusif dan terkendali. Akan tetapi pengkondisian kelas tersebut masih bersifat konvensional. Apabila disinkronkan dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak, kegiatan yang dilakukan masih dominan pada kegiatan yang berpusat pada guru (teacher center). Peran siswa masih minimal karena pembelajarannya masih berpusat pada buku teks. Berdasarkan temuan ini maka peneliti menyarankan kepada praktisi atau guru bahasa Inggris untuk anak atau guru bahasa Inggris SD/MI untuk mengkaji lebih jauh tentang hakekat dan gaya belajar pembelajar muda dengan melalui kajian literatur, pelatihan, atau berbagai pengalaman dengan teman sejawat. Kata Kunci: Bahasa Inggris untuk Anak, Menejemen Pembelajaran, Prinsip Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of English
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 05 Mar 2016 06:59
Last Modified: 05 Mar 2016 06:59
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1748

Actions (login required)

View Item View Item