TEACHING WITH HEART; MENDIDIK ANAK TANPA HUKUMAN

Maghfiroh, Ana (2015) TEACHING WITH HEART; MENDIDIK ANAK TANPA HUKUMAN. pp. 817-823.

[img]
Preview
Text
Semnasdik 2015 Teaching with Heart.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Di dunia pendidikan, kata disiplin seringkali disandingkan dengan hukuman, tanpa hukuman rasanya satu hal mustahil dapat membuat anak disiplin dan mentaati peraturan yang ada. Yang diperoleh dari proses pendisiplinan seperti tersebut diatas adalah kurangnya kesadaran anak terhadap pentingnya mentaati disiplin, sikap yang kurang bertanggung jawab anak terhadap perilaku dan tindakannya, dan rasa takut bukan pada ketidakmampuannya menepati disiplin namun pada hukuman jika ia melanggar disiplin. Oleh karenanya, dibutuhkan kemampuan orang tua dan guru untuk mengajarkan disiplin yang penuh makna, agar anak dapat memahami dan melaksanakan disiplin dengan penuh tanggungjawab. Teaching by heart, adalah suatu cara mendidik dan mengajarkan kedisiplinan dengan langsung menyentuh hati anak, tanpa adanya pemaksaan atau hukuman kepada anak. Tanpa adanya hukuman maka anak tidak perlu merasakan kecemasan, kehawatiran, atau ketakutan dalam bertindak, namun akan melakukan setiap tindakan dengan penuh pertimbangan, pemikiran tentang baik buruknya, dan bertanggung jawab atas konsekuensi dari tindakannya tersebut. Kata Kunci: Disiplin, Hukuman, Kosekuensi Logis

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of English
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:52
Last Modified: 22 Jun 2016 03:19
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item