SAROH, SITI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE ( TTW) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIIIB SMP N 3 SLAHUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (113kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan pembelajaran yang bersifat konvensional, siswa tidak aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar matematika yang masih rendah. Dalam proses pembelajaran guru memulai dari menjelaskan materi, memberikan contoh dan dilanjutkan dengan latihan soal, sehingga pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan komunikasi matematik dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV kelas VIIIB SMP N 3 Slahung tahun ajaran 2015- 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan komunikasi matematik dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV Kelas VIIIB SMP N 3 Slahung tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, proses penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa siklus, masing- masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP N 3 Slahung yang terdiri dari 20 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan komunikasi matematik dan hasil belajar siswa melalui strategi Think Talk Write (TTW). Hasil tersebut dapat diketahui dari hasil berikut : (1) secara klasikal komunikasi matematik siswa pada siklus I mencapai 65% dan siklus II mencapai 85%. Peningkatan tersebut karena adanya upaya perbaikan yang dilakukan pada siklus II yaitu : (a) Guru membuat LKS yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa (b) Dalam tahap Talk Guru lebih memotivasi siswa (c) Guru lebih memperjelas petunjuk pengerjaan agar semua siswa tidak ada yang salah dalam pengerjaan (2) secara klasikal hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 70% dan siklus II 80%. Peningkatan tersebut karena adanya upaya perbaikan yang dilakukan pada siklus II yaitu : (a) guru menekankan siswa untuk menulis langkahlangkah penyelesaian masalah bukan hanya menuliskan jawaban akhirnya, (b) guru menekankan siswa untuk menuliskan “ diketahui “ dan “ditanya” pada setiap soal. Kata Kunci :Think Talk Write (TTW), Komunikasi Matematik, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 02:14 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 02:14 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1788 |
Actions (login required)
View Item |