PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA KELAS VIIIB MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP NEGERI 2 SAMPUNG PADA MATERI OPERASI ALJABAR

NOVIYANTI, ROMY (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA KELAS VIIIB MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP NEGERI 2 SAMPUNG PADA MATERI OPERASI ALJABAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dan kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap pembelajaran matematika, disebabkan model pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Model pembelajaran yang diterapkan kurang mendorong aktivitas siswa di kelas. Sehingga, kurangnya aktivitas siswa berdampak pada kemampuan pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dan aktivitas siswa melalui penggunaan model pembelajaran discovery learning pada materi operasi aljabar kelas VIIIB SMP N 2 Sampung Ponorogo, tahun pelajaran 2015/2016. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIIIB SMP N 2 Sampung Ponorogo, tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas siswa kelas VIIIB SMP N 2 Sampung Ponorogo, tahun pelajaran 2015/2016 dalam materi operasi aljabar. Pemahaman konsep dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, hal ini diketahui dari hasil rata-rata pemahaman konsep pada siklus ke II yaitu 72,84% pada kriteria baik dan sudah mengalami peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan peneliti yaitu ≥60%. Sedangkan untuk aktivitas siswa juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, hal ini diketahui dari siklus II yaitu 76,4%, dan sudah mengalami peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan peneliti yaitu ≥70%. Kata Kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Aktivitas Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 02:16
Last Modified: 30 Mar 2016 02:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1789

Actions (login required)

View Item View Item