EKA SASMITASARI, RW. (2016) PENERAPAN TAHAPAN NEWMAN DENGAN SETTING PEMBELAJARAN MODEL NHT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SPLDV KELAS VIII-E DI MTs N KAUMAN. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (506kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Tahapan Newman, Pembelajaran Model NHT, Keterlibatan Siswa. Berdasarkan wawancara dengan guru diperoleh informasi bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII E MTs N Kauman saat ulangan tengah semester I masih rendah yaitu sebesar 77. Hal ini dikarenakan siswa belum mengetahui langkah yang tepat ketika melakukan pemecahan masalah. Selain itu, pada umumnya pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga tingkat keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih kurang. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui penerapan tahapan Newman dengan setting pembelajaran model Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus, masing-masing siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E MTs Negeri Kauman Ponorogo pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 23 anak. Instrumen yang digunakan adalah berupa lembar observasi kegiatan siswa yang digunakan untuk mengetahui keterlibatan siswa selama mengikuti pembelajaran dan soal tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterlibatan siswa dari siklus I sebesar 55%, siklus II sebesar 65%, dan siklus III sebesar 77%. Selain itu rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 71,52, siklus II sebesar 75,86, dan siklus III sebesar 82,83.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 02:26 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 07:17 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1815 |
Actions (login required)
View Item |