PERAN GURU DALAM MENANAMKANAKHLAKUL KARIMAH SISWA MTs NEGERI SAMPUNG PQNOROGO

SETIYANI, ENDANG (2014) PERAN GURU DALAM MENANAMKANAKHLAKUL KARIMAH SISWA MTs NEGERI SAMPUNG PQNOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_ENDANG.pdf

Download (903kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (98kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (146kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (24kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Dengan perkembangan jaman dan kemajuan leknologi. maka dunia pendidikan banyak dipengaruhi hal-hal negative khususnya bagi anak-anak usia dini, sehingga sebagai seorang guru mempunyai peran yang salgat penting dalam membangun mental anak untuk berperilaku sopan, santun dan berakhlakuk karimah. Proses pelatihan al$lakul karimah harus dilakukan semenjak anak-anah s€hingga setelah dewasa nanti tidak menjadi ha.rnbatan dalam berperilaku akhlakul karimah tersebut. Sebab kalau sudah terbiasa baik akan terbiasa berperilaku alhlakul karimah, namun apabila tidak membiasakan dirinya berperilaku akhlakul karimah pada akhimya akan sulit melakukan hal tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana menanamkan akhlakul karimah siswa di MTs Negeri Sampung Ponorogo ? (2) Apa saja yang dilakukan guru dalam menanamkan akhlak-ul karimah siswa di MTs Negeri Sampung Ponorogo ? {3) Apa yang menjadi faktor penduklng dalam menanamkan akhlakui karimah siswa di MTs Negeri Sampung Ponorogo ? sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (l) Untuk mengetahui cara menanarnkan akhlakul karimah siswa di MTs Negeri Sampung Ponorogo (2) Untuk mengelahr.ri apa saja yang dilakukan guru dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di MTs Negeri Sampung Ponorogo (3) Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor pendukung dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di MTs Neged Sampung Ponorogo. Metode penelitiafl dalam pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancaxa, penyebaran kuesioner dan library research. Kemudian metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, yang akhimya dilakukan analisis ftekwensi kumulatif- Hasil pembahasan diperoleh (l) Pelaksanaan pendidikan dalam rangka menanamkan akhlakul karimah terlaksana dengan baik, dan semua siswa memsakan serta dapat menedma materi akhlak tersebut dengan baik pula, sebagaimana tanggapan siswa yang termuat dalam jawaban kuesioner tersebut, (2) Guru melakukan pendidikan akhlak dengan tata cara yang tegas, dan melatih kemandirian serta kebiasaan yang menganut ajaran tslam, sehingga siswa menjadi terbiasa melakukan sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam. (3) seluruh siswa beragatna Islam dan pihak sekolah serta orang tua siswa memberi motivasi dan menganggap semua yang dilakukan sangat baik dan merasa senang atas bentuk pendidikan akhlak tersebut. KalAkunci: Peran G ru, Akhtakul karimah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 11 Apr 2014 01:51
Last Modified: 12 Apr 2014 02:13
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item