analisa gejala premenstrual syndrome (pms) pada remaja di slta bakti ponorogo

Ilma Munawaroh Am, Evi (2016) analisa gejala premenstrual syndrome (pms) pada remaja di slta bakti ponorogo. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-eviilmamun-489-1-abstrak,-i.pdf

Download (433kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Premenstrual syndrome (PMS) merupakan suatu gejala dari gangguan emosi, fisik, psikologis, dan suasana hati yang dimulai sebelum menstruasi dan berakhir pada saat haid. Gejala-gejala premenstrual syndrome (PMS) terjadi pada usia reproduksi terutama pada remaja. Jika gejala-gejala premenstrual syndrome (PMS) terjadi pada remaja dikhawatirkan akan mengganggu proses belajar dan menuntut ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisa Gejala Premensrtual Syndrome (PMS) pada remaja. Desain penelitian ini adalah diskriptif dengan sebagian remaja putri kelas XI dan XII Jurusan IPA SLTA Bakti Ponorogo sebanyak 26 remaja. Sampling penelitian menggunakan Purposive sampling sebanyak 26 respoden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner di bagikan pada remaja yang mengalami gejala premenstrual syndrome (PMS). Dari hasil penelitian didapatkan sebagian besar 18 responden atau (69,23%) timbul Gejala Premenstrual Syndrome (PMS) pada remaja, serta hampir setengahnya 8 responden atau (30,77%) tidak timbul Gejala Premenstrual Syndrome (PMS) pada remaja. Hasil penelitian membahas tentang analisa Gejala Premensrtual Syndrome (PMS) pada remaja, berdasarkan usia, informasi dan sumber informasi responden. Penelitian ini direkomendasikan untuk institusi pendidikan, peneliti, tempat penelitian, dan profesi kebidanan Kata kunci : Remaja, Gejala Premenstrual Syndrome (PMS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RG Midwifery
Divisions: Faculty of Health Sciences > Department of Midwifery
Depositing User: Editor FIK
Date Deposited: 07 Sep 2016 06:45
Last Modified: 07 Sep 2016 06:45
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item