Metode Pembelajaran Debat Aktif Pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas X Rpl 3 Smk Negeri 1 Bulukerto Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013

Pujiati, p (2013) Metode Pembelajaran Debat Aktif Pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas X Rpl 3 Smk Negeri 1 Bulukerto Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-pujiati-417-1-abstrak,-4.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar guru menjadi pemeran utama dalam menciptakan suasana interaktif yang edukatif, yakni interaksi antara guru dan siswa, siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar. Dalam observasi yang peneliti lakukan dikelas X RPL 3 SMK Negeri 1 Bulukerto proses pembelajaran yang berlangsung masih menggunakan metode ceramah dan siswa masih terlihat pasif, kurang termotivasi dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran yang berlangsung cenderung didominasi oleh guru. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu diterapkan pendekatan pembelajaran yang dapat membuat situasi berbeda di dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang dimaksud yaitu menggunakan metode debat aktif. Pembelajaran dengan menggunakan metode debat aktif merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Kegiatan mencari permasalahan atau memecahkan suatu masalah dapat melatih siswa untuk selalu aktif, kreatif, inovatif, dan dapat mengembangkan daya pikir. Dengan metode debat aktif dapat mengembangkan kemampuan berbicara siswa, mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, membuat siswa sering bertanya, menanggapi gagasan temannya, dan berpendapat dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran debat aktif pada mata pelajaran PKn pada siswa kelas X RPL 3 SMK Negeri 1 Bulukerto Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2012/2013, dan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran debat aktif berpengaruh dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas X RPL 3 SMK Negeri 1 Bulukerto Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2012/2013. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Mei di SMK Negeri 1 Bulukerto dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X RPL 3 dengan jumlah siswa 32 siswa. Pokok bahasan yang digunakan adalah sistem politik di Indonesia. Hasil pengamatan prestasi siswa selama pembelajaran pada siklus I dengan prosentase ketuntasan 56% dan siklus II 100%, berarti ada kenaikan 44% pada prestasi belajar siswa pada siklus I sampai siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran debat aktif dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas X RPL 3 SMK Negeri 1 Bulukerto Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:01
Last Modified: 07 Sep 2016 07:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item