Nurwulan, Titik (2012) IMPLEMENTASI METODE MODELLING THE WAY DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF SURODIKRAMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
jkptumpo-gdl-titiknurwu-158-1-abstrak-1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo adalah hasil belajar matematika siswa yang relatif rendah. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kurangnya kecakapan berfikir siswa dalam menggali informasi dan menyelesaikan permasalahan, minimnya kedisiplinan belajar, dan kurangnya pemahaman terhadap materi pelajaran. Disamping itu, metode pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional, yang salah satunya adalah metode ceramah. Fenomena ini merupakan salah satu tantangan yang dihadapi seorang pendidik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Maka, seorang pendidik perlu menggunakan metode mengajar yang berorientasi pada pemahaman yang mendalam terhadap isi materi palajaran, yakni penerapan metode Modelling the Way yang menuntut siswa aktif dalam berfikir dan bertindak apa yang sedang dipelajari, mempraktekkan melalui peragaan atau contoh, serta dapat mengilustrasikan keterampilan yang telah dipelajari. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (a) Apakah metode Modelling the Way dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas IV MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012? (b) Apakah metode Modelling the Way dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran matematika? (c) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kelas pembelajaran metode Modelling the Way pada siswa kelas IV MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012? (d) Bagaimana respon siswa kelas IV MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 terhadap pembelajaran metode Modelling the Way? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengetahui perubahan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas IV MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. (b) Mengetahui perubahan prestasi belajar siswa kelas IV MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. (c) Mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas pembelajaran metode Modelling the Way pada siswa kelas IV MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. (d) Mengetahui bagaimanakah respon siswa kelas IV MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 terhadap pembelajaran metode Modelling the Way. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo yang berjumlah 12 anak, terdiri dari 4 siswa laki- laki dan 8 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil aktivitas siswa, hasil tes, pengelolaan pembelajaran dan hasil respon siswa. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa (a) Aktivitas belajar matematika siswa selama pembelajaran secara keseluruhan efektif. Hal ini dapat dilihat dari aspek pengamatan yang dilakukan siswa tiap siklus aktivitas siswa yang termasuk kategori efektif lebih banyak daripada yang tidak efektif. (b) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (75%), siklus II (92%). (c) Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru berjalan dengan baik. (d) Siswa sangat tertarik terhadap pembelajaran yang telah diterapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran aktif Modelling the Way membuat siswa lebih memahami materi, lebih aktif belajar dan lebih berani mengungkapkan pendapat sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa kelas IV MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 01:47 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 01:47 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2153 |
Actions (login required)
View Item |