Study komparatif perkembangan anak usia prasekolah yang mengikuti program playgroup dan yang tidak mengikuti program playgroup Di desatapelan, kecamatan balerejo, madiun

Rosita Kumala Dewi, Oky (2016) Study komparatif perkembangan anak usia prasekolah yang mengikuti program playgroup dan yang tidak mengikuti program playgroup Di desatapelan, kecamatan balerejo, madiun. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-okyrositak-475-1-abstrak,-a.pdf

Download (508kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Perkembangan anak dipengaruhi oleh lingkungan, dimana keadaan normal atau tidak normal dipengaruhi oleh konflik pribadi individu dan hubungan individu dengan masyarakatnya. Salah satu cara untuk mendukung growthness dan pengembangan persyaratan anak adalah Stimulasi pendidikan anak di usia dini (PAUD. Penelitian analitik komparatif ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan anak usia prasekolah yang mengikuti program playgroup dan yang tidak mengikuti program playgroup di Desa Tapelan, Kecamatan Balerejo, Madiun. Desain penelitian adalah cross sectional design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak usia prasekolah yang berada di Desa Tapelans ebanyak 46 anak. Yang mengikuti playgroup sebanyak 11 anak dan yang tidak mengikuti playgroup sebanyak 35 anak. Teknik digunakan adalah total sampling yaitu 46 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar DDST. Teknik analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian terhadap 46 responden: Data anak yang mengikuti playgroup bahwa hampir seluruhnya perkembangan anak sebanyak 9 (81.8%) normal dan sebanyak 2 (18.1%) dengan perkembangan suspect. Sedangkan data anak yang tidak mengikuti playgroup bahwa sebagian besar perkembangan anak yang tidak ikut playgroup sebanyak 26 (74,3%) kategori suspect, dan sebanyak 9 (25,7%) kategori normal. Pada uji statistik diperoleh hasil X2 hitung (11,06) > X2 tabel (3,481) yang berarti ada perbedaan perkembangan anak usia prasekolah yang mengikuti program playgroup dan yang tidak mengikuti program playgroup. Hasil penelitian direkomendasikan untuk orang tua agar meningkatkan stimulasi anak sejak dini melalui pendidikan playgroup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing D3
Depositing User: Editor FIK
Date Deposited: 17 Sep 2016 02:15
Last Modified: 17 Sep 2016 02:15
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2162

Actions (login required)

View Item View Item