PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII C SMPN 2 KECAMATAN SAWOO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

FATIMAH, RATIH KHUSNUL (2012) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII C SMPN 2 KECAMATAN SAWOO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-ratihkhusn-142-1-abstrak-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan saat ini masih banyak yang tidak melibatkan peran serta siswa didalam pembelajaran, oleh sebab itu kemampuan siswa dalam memahami materi masih tergolong rendah. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan sekarang. Hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM, kurang minatnya siswa terhadap pembelajaran matematika. Data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes, data Aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui observasi, dan data respon siswa dikumpulkan melalui angket. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik pembelajaran Brainstorming pada siswa kelas VII C SMPN 2 Sawoo dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dari rata–rata 64,76 pada siklus I menjadi 85,6 pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar mengalami kenaikan yaitu 32% pada siklus I menjadi 76% pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat yaitu dari 23% dengan kategori kurang aktif pada siklus I menjadi 78% dengan kategori aktif pada siklus II. Kemampuan guru dalam mengelola kelas mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata–rata 1,8 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 3,5 dengan kategori baik sekali pada siklus II. Respon siswa menunjukkan 83% respon yang setuju dengan kategori sangat tinggi. Untuk menerapkan teknik pembelajaran Brainstorming diperlukan persiapan yang meliputi alokasi waktu, instrumen pembelajaran terlebih dahulu agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:33
Last Modified: 27 Sep 2016 07:33
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2206

Actions (login required)

View Item View Item