KRISTYANTI, BENI DWI (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I JATIPURNO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
jkptumpo-gdl-benidwikri-138-1-abstrak-1.pdf Download (561kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh anggapan siswa yang mengatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Selain itu guru yang masih dominan dalam pembelajaran juga dapat mengakibatkan siswa menjadi cepat mengalami kejenuhan sehingga pembelajaran tidak berlangsung dengan baik. Siswa juga masih enggan untuk bertanya apabila mengalami kesulitan memahami materi sehingga penguasaan materi menjadi kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan teorema pythagoras siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Jatipurno tahun pelajaran 2011/2012? Mengacu dari rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi teorema pythagoras dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Jatipourno tahun pelajaran 2011/2012. Dari rumusan masalah di atas maka instrumen penelitian ini adalah (1). Tes yang dimaksud dengan tes ini adalah serentetan pertanyaan yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. (2). Catatan lapangan, catatan lapangan adalah catatan tertulis tentang apa yang didengar, dilihat, dialami dan difikirkan dalam rangka pengumpulan data refleksi terhadap data dalam penelitian. Dari data yang diperoleh yaitu hasil belajar siswa baik sebelum maupun sesudah pembelajaran model pembelajaran think pair share (TPS), selanjutnya masing-masing dicari rata-rata mengunakan statistik deskriptif untuk tiap siklusnya, hasil dari analisis ini digunakan sebagai acuan untuk perbaikan kegiatan pembelajaran pada siklus berikutnya. Dari data yang diperoleh maka jenis data dalam penelitian ini ada 2 yaitu data kualitatif berupa observasi lapangan, dan data kuantitatifnya adalah hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, rata-rata hasil belajar mereka mengalami peningkatan dari tiap siklus. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 70,8 dan rata-rata siklus II adalah 84,77. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I 63% dan pada siklus II 93%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan teorema pythagoras siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Jatipurno Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 07:45 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 07:45 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2210 |
Actions (login required)
View Item |