ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS(Studi Pada Mahasiswa Akuntansi-S1 Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Hanifah, Ummu (2016) ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS(Studi Pada Mahasiswa Akuntansi-S1 Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (945kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kebutuhan manusia akan pendidikan tinggi semakin meningkat. Salah satu program studi yang diminati mahasiswa yaitu akuntansi. Daya tarik program studi akuntansi adalah banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia. Pendidikan akuntansi di Indonesia bertujuan menghasilkan lulusan yang beretika dan bermoral tinggi. Kenyataannya pendidikan akuntansi yang selama ini diajarkan di Perguruan Tinggi terkesan sebagai pengetahuan yang hanya berorientasikan kepada mekanisme secara umum saja. Sangat jauh berbeda apabila dibandingkan dengan praktik yang dihadapi di dunia kerja nantinya. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemahaman akuntansi antara mahasiswa lulusan SMK jurusan Akuntansi dan mahasiswa lulusan SMA jurusan IPS terhadap konsep dasar akuntansi. Konsep dasar akuntansi yang digunakan dalam penelitian ini adalah : aktiva, kewajiban/pasiva dan modal. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi sebanyak 694 mahasiswa yang terdiri dari semester 2,4,6, dan 8 Prodi Akuntansi S1 Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Yang digunakan sebagai sampel terdiri dari 139 mahasiswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji beda Independent T-Test. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan pemahaman akuntansi antara mahsiswa lulusan SMK jurusan Akuntansi dan SMA jurusan IPS terhadap konsep dasar akuntansi. Kata Kunci : Aktiva, Pasiva/Kewajiban, Modal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Editor FE
Date Deposited: 11 Oct 2016 03:06
Last Modified: 11 Oct 2016 03:06
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

View Item View Item