PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SDN 2 KAUMAN PONOROGO TAHUN 2016

MIATY, MIATY (2016) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SDN 2 KAUMAN PONOROGO TAHUN 2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci : Peran Orang Tua dan Guru, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran PAI. Peran Orang tua dan guru terhadap motivasi belajar siswa akan tercermin dalam tingkah laku anak sehari-hari di sekolah maupun di masyarakat. Motivasi belajar siswa kelas 1 SDN 2 Kauman Ponorogo cukup baik dapat dilihat dari semangat belajar siswa mata pelajaran PAI dan hasil Evaluasi Akhir (UAS) cukup baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui Faktor penghambat dan pendukung peran orang tua dan guru dalam meningkakan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Peran orang tua dan guru dalam peningkatan belajar diantaranya : a) Mendampingi atau menemani, seperti mendampingi anak ketika saat belajar dirumah terutama saat mengerjakan PR., b) Memberikan fasilitas yang dibutuhkan, seperti memberikan anak peralatan sekolah , LKS yang diberikan sekolah serta buku-buku yang lain untuk menunjang motivasi anak agar lebih baik. Faktor penghambat dan pendukukng peningkatan motivasi belajar : a) Faktor penghambat meliputi : Kurang dukungan dari orang tua, Kurangnya pengetahuan orang tua tentang agama, Kurangnya pengetahuan orang tua tentang agama, Ada siswa yang kurang dalam membaca dan menulis. b) Faktor pendukukng meliputi Semangat dan dukungan dari orang tua dan guru, Lingkungan yang kondusif, Sarana dan prasarana disekolah Yang mendukung (Mushola, tempat wudlu, AlQur‟an ), Guru agama yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 14 Oct 2016 05:39
Last Modified: 14 Oct 2016 05:39
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2419

Actions (login required)

View Item View Item