PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 2 POLOREJO BABADAN PONOROGO

LESTARININGSIH, MAREM PUJI (2014) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 2 POLOREJO BABADAN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
BAB I-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (671kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah sistem pendidikan yang dapat memberikan kemampuan seorang untuk memimpin kehidupannya sesuai dengan cita-cita Islam, karena nilai-nilai Islam telah menjiwai dan mewarnai corak kepribadian. Oleh sebab itu pendidikan agama Islam harus ditanamkan dalam pribadi anak sejak lahir bahkan sejak dalam kandungan dan kemudian hendaklah dilanjutkan pembinaan pendidikan tersebut di sekolah, mulai dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Akan tetapi tidak dapat diingkari bahwasannya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam banyak sekali problematika yang dihadapi, baik dari pendidik atau guru, peserta didik yang akan menerima pendidikan tersebut, sarana prasarana, lingkungan yang terdapat diluar sekolah yakni keluarga dan masyarakat, maupun di dalam sekolah itu sendiri. Untuk mendeskripsikan permasalahan di atas peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 2 Polorejo? 2) Problem apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 2 Polorejo? 3) Apa saja upaya yang dilakukan oleh SDN 2 Polorejo dalam mengatasi problem pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 2 Polorejo?. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis yang digunakan analisis Miles dan A. Heberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa SDN 2 Polorejo Babadan Ponorogo dalam perencanaan pendidikan Agama Islam dilaksanakan oleh guru Agama serta para pihak yang bersangkutan. Pelaksanaannya sudah menanamkan dan menumbuhkan pendidikan Agama Islam kepada peserta didik, yaitu mengawali kegiatan belajar mengajarnya dengan cara membaca do’a dan membaca Al-Qur’an (surat-surat pendek) serta selalu mengingatkan kepada peserta didik tentang pentingnya pendidikan Agama Islam. Di SDN 2 Polorejo ada problematika pembelajaran pendidikan Agama Islam yaitu pada peserta didik, kurikulum, dan lingkungan keluarga.Upaya yang dilakukan SDN 2 Polorejo dalam mengatasi problem pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu dengan cara memotivasi peserta didik, mengarahkan pentingnya mempelajari pendidikan Agama Islam, bekejasama dengan MI atau Madrasah Diniyah, memberikan tambahan pelajaran seperti les private dan mengadakan kegiatan Ekstrakulikuler tentang pembacaan kitab suci Al-Qur’an secara tartil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 15 Apr 2014 04:29
Last Modified: 15 Apr 2014 04:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item