PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDN 1 SEDARAT BALONG PONOROGO TAHUN 2016

NURLAELA, NURLAELA (2016) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDN 1 SEDARAT BALONG PONOROGO TAHUN 2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
a.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Peran guru pendidikan agama Islam dalam pendidikan karakter di SDN 1 Sedarat sangat dibutuhkan, mengingat karakter para siswa belum terbentuk sepenuhnya. Kurangnya peran guru akan menghambat perkembangan karakter siswa dan tidak akan menjadi maksimal. Peran guru sangat dibutuhkan membantu mengembangkan ketrampilan dan kemampuan masing-masing peserta didik sehingga peserta didik mampu mengembangkan kemampuan dan ketrampilan yang dimilikinya. Tanpa adanya peran guru, peserta didik bisa saja mengikuti arus perkembangan kearah yang kurang baik. Jika hal itu terjadi maka bukan semakin baik karakter peserta didik namun sebaliknya, menjadi generasi yang semakin terpuruk. Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam pendidikan karakter di SDN 1 Sedarat Balong Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Obyek kajian adalah SDN 1 sedarat. Sumber data diperoleh dari informan dan data dokumentasi pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis menggunakan teknik trianggulasi sumber data. Hasil kajian berupa konsep pendidikan karakter di SDN 1 Sedarat dilaksanakan secara (1) terpadu, terintegrasi dengan pelaksanan pembelajaran serta ekstrakurikuler. (2) Beroreentasi pada aspek keagamaan dan tidak mengenyampingkan nilai karakter yang lain. Adapun karakter yang unik di SDN 1 Sedarat yaitu program yang diadakan kerja sama antara SDN 1 Sedarat dan Madrasah Diniyah Hidayatul Muttaqin. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru agama Islam adalah pengaruh yang kuat dari lingkungan serta teknologi yang tidak terkendali. Kata Kunci: Pendidikan agama, karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:57
Last Modified: 26 Oct 2016 02:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2578

Actions (login required)

View Item View Item