PERAN MAJLIS TA’LIM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN BAGI MASYARAKAT ( STUDI KASUS DI MAJLIS TA’LIM MASJID BAITURRAHMAN DESA KARANGMOJO KECAMATAN BALONG PONOROGO )

TRI HANDOKO, FENDI (2016) PERAN MAJLIS TA’LIM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN BAGI MASYARAKAT ( STUDI KASUS DI MAJLIS TA’LIM MASJID BAITURRAHMAN DESA KARANGMOJO KECAMATAN BALONG PONOROGO ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Majlis Ta’lim dan Nilai-nilai Keagamaan Munculya majlis ta’lim dewasa ini merupakan fenomena menarik. Majlis ta’lim lahir bersamaan dengan kompleksitas persoalan yang dihadapi di masyarakat, seperti pencurian, narkoba, pergaulan bebas dan lain sebagainya. Oleh karena itu, bermula dari kesadaran masyarakat untuk membendung persoalan tersebut melalui pemahaman dan peningkatan nilai-nilai agama mutlak dilakukan. Majlis ta’lim tidak sekedar sebagai aktivitas keagamaan yang lebih mengutamakan aspek ritualistik, lebih jauh majlis ta’lim membenahi diri sebagai proses pendidikan, yang mengajarkan dan berperan menanamkan nilai-nilai keagamaan pada masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan penanaman nilai-nilai keagamaan di Majlis Ta’lim Masjid Baiturrahman Desa Karangmojo dan peran Majlis Ta’lim Masjid Baiturrahman dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan bagi masyarakat di Desa Karangmojo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman. Yaitu analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yakni: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara langsung, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan; (1) Pelaksanaan penanaman nilainilai keagamaan di Majlis Ta’lim Masjid Baiturrahman Desa Karangmojo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo dilakukan melalui kegiatan ceramah seperti kultum, khotbah Jum’at, dan pengajian lapanan, kegiatan pembelajaran di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) untuk anak-anak, dan pelatihan baca Al- Qur’an untuk ibu-ibu jamaah Masjid. Nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan kepada jamaah dan masyarakat adalah aqidah, akhlak atau perilaku, dan ibadah. Aqidah tentang keimanan yang mencakup rukun Iman yang lima, akhlak atau perilaku seperti mengucapkan salam ketika bertamu, membaca Al-Qur’an, dan menghormati tetangga dengan menghadiri undangan. Dalam hal ibadah berupa shalat lima waktu berjamaah di masjid. (2) Peran Majlis Ta’lim Masjid Baiturrahman dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan bagi masyarakat adalah berperan sebagai kreator (yang pertama memulai atau mengawali), fasilitator (yang menyediakan), dan edukator (pendidikan). Dengan hasil penelitian di atas, maka peneliti menyarakan, alangkah baiknya majlis ta’lim membuat jadwal materi pengajian untuk mencegah kesamaan materi pada waktu pengajian berikutnya, membuat kegiatan khusus remaja masjid agar remaja di desa Karangmojo lebih aktif pada kegiatan keagamaan, serta perlu penguatan pada panitia majlis ta’lim, dan menambah atau memaksimalkan sarana dan prasarana yang dimiliki majlis ta’lim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:20
Last Modified: 28 Oct 2016 03:20
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2619

Actions (login required)

View Item View Item