PENGARUH FASILITAS MADRASAH DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PAI SISWA MADRASAH DINIYAH AL-BA’AT DESA TURI KECAMATAN JETIS KABUPATEN PONOROGO

ISNGADI, MUKLIS (2016) PENGARUH FASILITAS MADRASAH DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PAI SISWA MADRASAH DINIYAH AL-BA’AT DESA TURI KECAMATAN JETIS KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Cover bag awal.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-Skripsi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
BAB 2-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB 3-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB 4-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB 5-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Semua tugas mendidik tidak dapat dilaksanakan oleh orang tua atau dalam keluarga terutama dalam hal ilmu pengetahuan, oleh karena itu dikirimlah anak ke madrasah, sehingga pendidikan di madrasah adalah bagian dari pendidikan dalam keluarga yang sekaligus merupakan lanjutan dari pendidikan orang tua dalam keluarga. Dengan masuknya anak ke madrasah, maka terbentuklah hubungan antara rumah dan madrasah, karena antara kedua lingkungan itu terdapat objek dan tujuan yang sama, yakni mendidik anak-anak. Dalam pembelajaran agama Islam selalu mengajarkan yang terbaik dan tidak pernah menyesatkan penganutnya. Untuk itu sebagai benteng pertahanan diri anak didik dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan, kiranya perlu ditanamkan pendidikan agama yang kuat dalam diri anak, sehingga dengan pendidikan agama ini, pola hidup anak akan terkontrol oleh rambu-rambu yang telah digariskan agama dan kemudian dapat menyelamatkan anak agar tidak terjerumus dalam jurang keterbelakangan mental dan kesesatan. Pendidikan agama merupakan sistem pendidikan yang mencakup seluruh aspek kehidupan umat manusia dalam rangka meningkatkan penghayatan dan pengamalan agama dalam kehidupan bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara. Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka dalam kesempatan ini disampaikan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh dari fasilitas Madrasah dan profesionalisme guru terhadap minat belajar siswa Madrasah Diniyah Al-Ba’ats Desa Turi Kecamatan Jetis Ponorogo ? Selanjutnya yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh dari fasilitas madrasah dan profesionalisme guru terhadap minat belajar siswa Madrasah Diniyah Al-Ba’ats Desa Turi Kecamatan Jetis Ponorogo. Hasil dari analisis data dan pembahasan dapat disampaikan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan dari fasilitas madrasah dan profesionalisme guru terhadap minat belajar siswa Madrasah Diniyah Al-Ba’ats Desa Turi Kecamatan Jetis Ponorogo, diterima dan Hipotesis nol ditolak. Hal itu dibuktikan dalam hasil analisis bahwa variabel fasilitas madrasah dan profesional guru mempunyai pengaruh yang signifikan, hal ini terlihat dari nilai koefisien konstanta (a) diperoleh 7,71464, kemudian untuk koefisien b1 diperoleh nilai sebesar 0,6903, dan untuk koefisien b2 diperoleh nilai sebesar 0,3494. Diperkuat dengan hasil uji korelasi (R) = 0,8338 kemudian untuk nilai R2 = 0,6953. Rtabel atau nilai R kritik diketahui sebesar 0,235. Berarti hasil perbandingan diperoleh R hitung > dari R tabel. Kata Kunci: Fasilitas madrasah, Profesionalisme guru dan Minat belajar PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:50
Last Modified: 28 Oct 2016 03:50
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2625

Actions (login required)

View Item View Item