PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAMPUNG TAHUN AJARAN 2013/2014

DAMAYANTI, EKA (2014) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAMPUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Lampiran_Awal.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Damayanti, Eka. 2013. Pengaruh Teknik Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Prestasi Belajar Matemaika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sampung Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : Drs. H. Sumaji, M.Pd. Kata kunci : Teknik Pembelajaran POE, Prestasi Belajar Banyak siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakukan bagi siswa, bahkan tidak sedikit siswa yang benci terhadap pelajaran matematika. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa masih rendahnya hasil belajar matematika jika dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, pada umumnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika masih dominan dengan metode transfer informasi. Pembelajaran hanya bersifat satu arah, siswa berperan sebagai robot dan bersikap pasif serta tidak memiliki kepekaan dalam memahami persoalan. Hal ini akan berdampak pada rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembelajaran yang melibatkan siswa secara optimal untuk meningkatkan kualias pembelajaran. Salah satunya dengan teknik pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap prestasi belajar matemaika siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Sampung berjumlah 60 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara Cluster Random Sampling. Sehingga diperoleh kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan VII-C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes (postest). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis, menggunakan uji t, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh teknik pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Data diuji menggunakan pengujian hipotesis, uji yang di pakai uji t dimana 1 x = 78,35 2 x = 70,30 S1 2 = 72,34 S2 2 = 52,86 dengan menggunakan pengujian hipotesis dan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung = 3,22 dan ttabel = 1,69, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Artinya prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan teknik pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Apr 2014 02:06
Last Modified: 16 Apr 2014 02:06
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item