PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 NAMBANGREJO SUKOREJO PONOROGO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SHOPYANI, ALIVA (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 NAMBANGREJO SUKOREJO PONOROGO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
artikel aliva.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI aliva.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah dengan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 2 Nambangrejo, dan untuk mengetahui apakah dengan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 2 Nambangrejo. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Index Card Match sedangkan Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan Mc Taggart. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa, dan evaluasi tes prestasi belajar. Hasil penelitian selama siklus satu menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa terdapat 8 aspek yang memenuhi kriteria baik, dan terdapat satu aspek yang masuk kriteria cukup baik. Sedangkan nilai prestasi belajar matematika siswa mencapai persentase ketuntasan secara klasikal 66,67%. Hasil penelitian selama siklus II dari semua aspek aktivitas siswa yang telah diamati telah mencapai kriteria baik semua. Prestasi belajar matematika siswa diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal mencapai 83,33%. Kata kunci: Index Card Match, aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Apr 2014 02:34
Last Modified: 16 Apr 2014 02:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item