PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP

NURHIDAYATI, TYAS (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (17MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Aritmatika Sosial untuk siswa SMP kelas VII. (2) Mengetahui dan mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Aritmatika Sosial untuk siswa SMP kelas VII ditinjau dari segi kevalidan dan keefektifannya. Prosedur penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D. Produk yang dikembangkan berupa RPP dan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi aritmatika sosial untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4D, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan LKS untuk dosen ahli dan guru matematika untuk aspek kevalidan, angket respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap produk yang dikembangkan, serta soal tes hasil belajar (THB) dengan 6 soal uraian untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah (1) Aspek kevalidan ditinjau dari hasil validasi RPP dan LKS oleh validator memenuhi kriteria “valid” dengan skor penilaian rata-rata 94,87%. Sedangkan hasil pengembangan LKS memenuhi kriteria “valid” dengan skor penilaian rata-rata 96,29%. (2) Aspek keefektifan dilihat dari Tes Hasil Belajar (THB) siswa memenuhi kriteria “efektif”. Skor menunjukkan bahwa nilai yang lebih dari atau sama dengan KKM sebesar 78,78%. (3) Aspek respon siswa memenuhi kriteria “setuju” dilihat dari angket respon siswa terhadap LKS yang digunakan dengan skor 88,48%. Dari berbagai hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Aritmatika Sosial untuk siswa SMP kelas VII adalah berkualitas dengan mencapai kriteria valid dan efektif digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata kunci: RPP, LKS, CTL, Aritmatika Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 17 Nov 2016 04:02
Last Modified: 17 Nov 2016 04:02
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item View Item