PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP
NURHIDAYATI, TYAS (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) |
Preview |
Text
daftar pustaka.pdf Download (737kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran
berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Aritmatika Sosial untuk siswa SMP
kelas VII. (2) Mengetahui dan mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran berbasis Contextual
Teaching and Learning (CTL) pada materi Aritmatika Sosial untuk siswa SMP kelas VII ditinjau dari
segi kevalidan dan keefektifannya.
Prosedur penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D. Produk yang dikembangkan
berupa RPP dan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi aritmatika sosial
untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap
model pengembangan 4D, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan LKS untuk dosen ahli dan guru
matematika untuk aspek kevalidan, angket respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap
produk yang dikembangkan, serta soal tes hasil belajar (THB) dengan 6 soal uraian untuk mengetahui
keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Aspek kevalidan ditinjau dari hasil validasi RPP dan LKS oleh
validator memenuhi kriteria “valid” dengan skor penilaian rata-rata 94,87%. Sedangkan hasil
pengembangan LKS memenuhi kriteria “valid” dengan skor penilaian rata-rata 96,29%. (2) Aspek
keefektifan dilihat dari Tes Hasil Belajar (THB) siswa memenuhi kriteria “efektif”. Skor
menunjukkan bahwa nilai yang lebih dari atau sama dengan KKM sebesar 78,78%. (3) Aspek respon
siswa memenuhi kriteria “setuju” dilihat dari angket respon siswa terhadap LKS yang digunakan
dengan skor 88,48%. Dari berbagai hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan
perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Aritmatika
Sosial untuk siswa SMP kelas VII adalah berkualitas dengan mencapai kriteria valid dan efektif
digunakan sebagai salah satu media pembelajaran.
Kata kunci: RPP, LKS, CTL, Aritmatika Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 04:02 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 04:02 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |