MENUJU KEBERHASILAN PEMBINAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN PONOROGO

Rapini, Titi, Farida, Umi and Adji, Setyo (2016) MENUJU KEBERHASILAN PEMBINAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN PONOROGO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL-HASIL PENELITIAN 2016 : BIDANG AGAMA ISLAM, BUDAYA, EKONOMI, SOSIAL HUMANIORA, TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PENDIDIKAN. pp. 103-112. ISSN 978-602-0815-22-0

[img]
Preview
Text
COVER PROSIDING DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 - 6. TR, UF, SA.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER PROSIDING BELAKANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kondisi Usaha Kecil Menengah setelah dilakukannya pembinaan oleh Dinas Indagkop Kabupaten Ponorogo. Sehingga dapat diketahui efisiensi dan efektifitas pembinanan yang telah dilakukan. Dari hasil penelitian, ada 3 jenis pelatihan dari tahun 2010 sampai 2013. Namun tidak dketahui bidang usahanya, maupun nama perusahaannya. Sampel 50 peserta dengan berbagai tahun dan jenis pelatihan. Hasilnya 52% (26 UKM) peserta memiliki usaha, 24% belum, dan 24% tidak ditemukan alamatanya. Sedangkan yang memiliki usaha, tidak memiliki data keuangan secara tertulis. Hal ini mengindikasikan bahwa UKM belum memiliki laporan keuangan baku, yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja pengelolaan keuangannya. Dari 26 yang sudah memiliki usaha,terdiri dari 10 dari Industri Makanan Tradisional terdiri atas :Sate Ayam, Dodol, Kopi Bubuk, dan Gula Aren. Industri Roti dan Kue 6 UKM. Industri Kerajinan 10 yang terdiri dari Batik, Reog, dan Kerajinan Kulit. Dari 26 perusahaan sampel, dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu yang pertama usaha yang statis, artinya meskipun telah memperoleh bekal pelatihan dan pembinaan , pola pikir dan pengelolaan usahanya tidak berubah yang berakibat pada tidak berkembangnya usaha tersebut.Hal ini selain disebabkan oleh kurangnya kemauan, usaha merupakan usaha sampingan, ketergantungan pada jaringan pemasaran yang sudah ada serta keterbatasan SDM. Sedang yang ke dua adalah perusahaan berkrmbang yang didorong oleh adanya kemauanatau openmind, sehingga usaha ini berkembang baik dari sisi desain, model maupun cara pengelolaan usahanya. Selain itu ditunjang dengan tingkat pendidikan /pengalaman, serta adanya figur yang dapat menggerakkan kelompok usaha.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Proceeding
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:07
Last Modified: 23 Nov 2016 02:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2752

Actions (login required)

View Item View Item