PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DIMENSI TIGA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA PONOROGO

SHOLIKAH, IMRO ATUS (2016) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DIMENSI TIGA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa tidak mempunyai sumber belajar yang memadai dan guru belum mampu membuat bahan ajar karena membutuhkan waktu yang lama dan kurangnya keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul matematika yang baik pada materi dimensi tiga berbasis pendekatan kontekstual untuk melatih kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Metode penelitian ini digunakan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kualitas produk. Dalam penelitian ini menggunakan model Sugiyono, akan tetapi hanya sampai uji coba terbatas karena keterbatasan waktu dan biaya. Langkah-langkah pengembangnya (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi (6) uji coba produk (7) revisi produk. Hasil penilaian ini adalah (1) kualitas kegrafikan modul mencapai kriteria valid dengan persentase 74%, kualitas isi modul mencapai kriteria valid dengan persentase 78%, kualitas penyajian modul mencapai kriteria sangat valid dengan persentase 92%, kualitas bahasa modul mencapai kriteria valid dengan persentase sebesar 75%, kualitas kontekstual modul mencapai kriteria valid dengan persentase 78%. (2) Presentase ketuntasan hasil tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 90%. (3) Presentase angket respon siswa dari segi ketertarikan, materi dan bahasa sebesar 93% yang menyatakan bahwa penggunaan modul matematika mendapat respon yang positif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul matematika dimensi tiga berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas XI SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Ponorogo adalah berkualitas dengan mencapai kriteria valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. kata kunci : modul matematika, pendekatan kontekstual, pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 13 Dec 2016 02:40
Last Modified: 13 Dec 2016 02:40
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item