PENGARUH JENIS KELAMIN PADA METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 2 KECAMATAN BALONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NIKMAH, ANIS ULFATUN (2014) PENGARUH JENIS KELAMIN PADA METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 2 KECAMATAN BALONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa di SMPN 2 Kecamatan Balong yang belum mendapat perhatian dengan baik. Melalui studi pendahuluan oleh peneliti dengan melakukan pengamatan terhadap proses dan hasil belajar siswa di kelas VIII SMPN 2 Kecamatan Balong diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Belum ada partisipasi aktif siswa dalam menemukan sendiri makna dari materi pembelajaran matematika yang mereka pelajarai, sehingga siswa kesulitan menggunakan penalaran dalam pemecahan masalah matematika; 2) Kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Kecamatan Balong rendah; 3) Rata-rata nilai matematika siswa laki-laki cenderung lebih rendah bila dibanding rata-rata nilai matematika perempuan. Oleh karena itu, guru harus menentukan metode pembelajaran yang tepat sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematisnya. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode mind mapping dalam model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis kelamin terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode mind mapping dalam model kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional. Metode mind mapping dalam model kooperatif tipe STAD adalah metode pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD yang menggunakan peta konsep sebagai media untuk menyampaikan materi. Hasil analisis yang diperoleh dari pengujian kelas eksperimen dan kelas kontrol secara keseluruan yaitu nilai t-tes dengan thitung = 3,245. Dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh ttabel = 1,671. Sehingga thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil analisis yang diperoleh dari pengujian kelompok laki-laki kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai t-tes dengan thitung = 4,6776. Dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh ttabel = 1,701. Sehingga thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa laki-laki kelompok eksperimen lebih baik daripada siswa laki-laki kelompok kontrol. Hasil analisis yang diperoleh dari pengujian kelompok perempuan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai t-tes dengan thitung = 0,0507. Dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh ttabel = 1,697. Sehingga thitung  ttabel yang berarti H0 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa perempuan kelompok eksperimen tidak lebih baik daripada siswa perempuan kelompok kontrol. Hasil analisis yang diperoleh dari pengujian kelompok laki-laki kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai t-tes dengan thitung = 1,938. Dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh ttabel = 1,701. Sehingga thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa laki-laki lebih baik daripada siswa perempuan pada kelompok eksperimen. Kata Kunci : Penalaran Matematis, Komunikasi Matematis, Metode Mind Mapping, Model Kooperatif tipe STAD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Apr 2014 03:49
Last Modified: 16 Apr 2014 03:49
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item