PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIA MTs MA’ARIF AL ISHLAH BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

DESY KUSRINI, ELYNDA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIA MTs MA’ARIF AL ISHLAH BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
COVER, BAB I-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kusrini, Elynda Desy. 2013, Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA MTs Ma’arif Al Ishlah Bungkal Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : Dwi Avita Nurhidayah, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, Aktivitas, Hasil Belajar. Salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa adalah terletak pada proses pembelajaran dimana peran guru bersifat aktif dan siswa bersifat pasif. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif model pembelajaran yang menekankan pada keaktifan dan partisipasi kelas secara keseluruhan maupun individual untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa agar mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Salah satu alternatif model pembelajaran yang sesuai dengan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran everyone is a teacher here. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA MTs Ma’arif Al Ishlah Bungkal, untuk mengetahui respon siswa kelas VIIA MTs Ma’arif Al Ishlah Bungkal terhadap model pembelajaran everyone is a teacher here. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa (untuk mengetahui berapa banyak siswa yang aktif) dan respon siswa (untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan model everyone is a teacher here). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTs Ma’arif Al Ishlah Bungkal tahun pelajaran 2013/2014, sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa persentase tes hasil belajar siswa siklus I 73,33% dan siklus II menjadi 86,67%. Aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I pertemuan pertama 66,19%, pertemuan kedua 74,28%, dan siklus II pertemuan pertama 78,09%, pertemuan kedua 83,33% Respon siswa sangat tinggi dan meningkat siklus I mencapai 82,96% dan siklus II mencapai 90,37%. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA MTs Ma’arif Al Ishlah Bungkal tahun pelajaran 2013/2014. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran everyone is a teacher here perlu dilaksanakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Apr 2014 04:09
Last Modified: 16 Apr 2014 04:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item