PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA BAHASAN PERBANDINGAN DAN SKALA KELAS VII DI SMPN 2 BABADAN

MUSTAFIT, KHOIRUL (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA BAHASAN PERBANDINGAN DAN SKALA KELAS VII DI SMPN 2 BABADAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasis macromedia flash 8 dengan pendekatan PMRI pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII dan mengetahui kualitas media dilihat dari aspek kevalidan dan respon siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Sugiyono yang Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Babadan pada tanggal 28 November - 3 Desember 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan validasi dan respon siswa untuk instrumennya dan angket yang diberikan setelah uji coba prodiuk untuk teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari validasi desain media yang menunjukkan bahwa aspek pemrograman mencapai kriteria valid dengan persentase 72,5%, aspek tampilan mencapai kriteria valid dengan persentase 71,67%, dan dari semua aspek desain media diperoleh rata-rata sebesar 72% dan dinyatakan valid. Lebih dari itu validasi materi pembelajaran menunjukkan bahwa aspek pembelajaran mencapai kriteria valid dengan persentase 77,3%, aspek isi mencapai kriteria valid dengan persentase 75,9%. Dan dari semua aspek ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 76,67% serta dinyatakan valid. Respon siswa yang diberikan oleh 27 siswa mencapai 92,44% dan mencapai kriteria sangat positif. Sehingga dapat diketahui bahwa siswa terbantu dengan adanya media pembelajaran tersebut. Kata kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Perbandingan, Skala

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 12 Jul 2017 02:47
Last Modified: 12 Jul 2017 02:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3100

Actions (login required)

View Item View Item