JEVIANA, DHIKA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMP NEGERI 1 PULUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (347kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap pemahaman konsep siswa (2) pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (3) model mana yang lebih baik terhadap pemahaman konsep siswaantara Mind Mapping dan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulung yang terdiri dari lima kelas. Dari tujuh kelas tersebut, kelas VIIC dan VIIE terpilih secara acak sebagai sampel. Selanjutnya dua kelas dipilih kembali secara acak untuk menentukan jenis perlakuan yang akan diberikan. Kelas VIIC diberi perlakuan dengan Model PembelajaranMind Mapping dan kelas VIIE diberi perlakuan dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes pemahaman konsep. Teknik analisis data untuk mengetahui apa yang lebih berpengaruh antara Model Pembelajaran Mind Mapping dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) terhadap pemahaman konsep siswa yaitu dengan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa:pemahaman konsep siswa yang diberi perlakuan dengan Model Pembelajaran Mind Mapping lebih baik dari pada siswa yang diberi perlakuan dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Kata Kunci: Mind Mapping,Contextual Teaching And Learning, Pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 04:17 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 04:17 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3479 |
Actions (login required)
View Item |