PERAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA (STUDI KASUS DI MAN 1 PONOROGO)

Afi’ah, Aliffatul (2017) PERAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA (STUDI KASUS DI MAN 1 PONOROGO). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
b. BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
c. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
d. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
e. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
f. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
h. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https:/eprints.umpo.ac.id

Abstract

Aliffatul Afi’ah, 2017. Peran Program Adiwiyata Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Man 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Katni, M.Pd.I, (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata Kunci: Adiwiyata, Akhlak dan Pembentukan Akhlak. Allah menciptakan alam semesta termasuk bumi dan seisinya jauh sebelum menciptakan manusia. Allah telah menciptakan makhluk berupa tumbuhan yang beraneka ragam dan berbagai jenis hewan hingga binatangbinatang raksasa. Manusia harus mencintai lingkungan, artinya memperlakukan bermacam ragam benda, baik biotik maupun abiotik agar lingkungan hidup itu dapat berfungsi sebagaimana mestinya sesuai dengan kodratnya masing-masing, sehingga terwujud kesejahteraan dan kebahagian hidup manusia lahir dan batin. Pelestarian lingkungan dapat dilakukan melalui program adiwiyata yang di terapkan di sekolah-sekolah dan madrasah-madrasah yang melibatkan seluruh warga madrasah dan khususnya siswa terhadap pembentukan dan membangun karakter siswa. Peneliti melakukan penelitian di MAN 1 Ponorogo, karena MAN 1 Ponorogo merupakan salah satu madrasah yang menerapkan program adiwiyata dan mampu menjalankanyna dengan baik sehingga dapat berpengaruh terhadap pembentukan akhlak atau karakter siswa. MAN 1 Ponorogo juga merupakan salah satu madrasah adiwiyata yang memiliki banyak prestasi terkait pengembangan program adiwiyata mulai dari tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan program Adiwiyata di MAN 1 Ponorogo, (2) Untuk mengetahui peran program Adiwiyata dalam pembentukan akhlak siswa di MAN 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualtiatif, metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan peneliti adalah teknik analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian ini: (1) Pelaksanaan program adiwiyata di MAN 1 Ponorogo menghasilkan kreativitas dan inovasi bagi warga madrasah khususnya siswa meliputi kegiatan pembuatan bank sampah dan pengolahan sampah atau barang bekas, penghematan energi, memanfaatkan keanekaragaman hayati, penghematan air dan pengolahan air limbah, serta memanfaatkan produk-produk organik menjadi makanan sehat, (2) Peran program adiwiyata sangat berpengaruh dalam proses pembentukan dan perubahan akhlak siswa, dimana biasanya siswa memiliki akhlak yang kurang baik terhadap lingkungan kini siswa menjadi lebih peduli, bertanggungjawab, mandiri, mau menjaga dan merawat lingkungan serta memiliki kesadaran dan kepekaan terhadap lingkungan hidup terlebih dalam penyelamatan bumi. x

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:36
Last Modified: 27 Sep 2017 03:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3507

Actions (login required)

View Item View Item