KEEFEKTIFAN MEDIA PAPAN BATANG NAPIER DALAM OPERASI PERKALIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

FITRIANINGTYAS, NETY (2014) KEEFEKTIFAN MEDIA PAPAN BATANG NAPIER DALAM OPERASI PERKALIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
BAB I,II,III,IV,V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Fitrianingtyas, Nety. 2013. Keefektifan Media Papan Batang Napier Dalam Operasi Perkalian Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Dosen Pembimbing: Dian Kristiana, M.Pd Kata Kunci: Media papan batang napier, Prestasi Belajar Matematika Siswa Berhitung merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan dalam proses berhitung sendiri tidak terlepas dari operasi hitung. Salah satu operasi hitung yang menurut sebagian siswa untuk ukuran anak SD sulit adalah operasi hitung perkalian terutama untuk perkalian dengan bilangan besar diatas dua digit. Hal inilah yang mendasari peneliti untuk mengangkat sebuah penelitian yang berhubungan dengan proses penyelesaian soal perkalian dengan menggunakan media, yaitu media papan batang napier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media papan batang napier terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD khususnya pada materi perkalian bilangan cacah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang sudah dianggap baik (True Experimental design) karena di dalam penelitian ini sudah memenuhi persyaratan dalam eksperimen yaitu adanya kelompok lain yang tidak dikenai perlakuan atau biasa disebut dengan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo yang berjumlah 3 kelas dengan jumlah siswa 65 anak. Sampel dalam penelitian ini ada 48 anak yang terbagi menjadi 2 kelas melalui pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random sampling, 1 kelas sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan media papan batang napier dan 1 kelas lainnya sebagai kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan media (perkalian cara bersusun). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini berupa data dokumentasi berupa nilai ulangan harian siswa yang diperoleh melalui guru kelas dan tes tertulis (post-test) yang berbentuk essai. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dan ditarik sebuah kesimpulan dari hasil analisis yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan batang napier lebih efektif dibandingkan dengan metode perkalian bersusun terhadap prestasi belajar matematika siswa. Data diuji menggunakan pengujian hipotesis, uji yang dipakai adalah uji t dimana ̅̅̅ = 83 ̅̅̅ = 75,04 = 85,56 89,78 dengan menggunakan pengujian hipotesis dan taraf signifikasi 5% diperoleh nilai sebesar 2,94 dan sebesar 1,68, karena maka H0 ditolak. Artinya prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan media papan batang napier lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode perkalian bersusun

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 22 Apr 2014 02:11
Last Modified: 22 Apr 2014 02:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item View Item