HARIANTO, YULI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII C MTs MA’ARIF MUNGGUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (864kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan Komunikasi matematis siswa MTs Ma’arif Munggung kelas VIII C pada tahun ajaran 2016/2017 dengan model pembelajaran pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah Siswa MTs Ma’arif Munggung kelas VIII yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes tulis kemampuan komunikasi matematik pada siklus I dan II dan lembar observasi kegiatan siswa. Berdasarkan hasil analisis data model pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW) pada siklus 1 komunikasi matematis siswa mencapai 58,10% sedangkan pada siklus 2 mencapai 75,24%, mengalami peningkatan 20,48%. model pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW) mampu meningkatkan komunikasi matematis siswa, upaya yang dilakukan peneliti dalam pembelajaran bersifat kelompok diskusi. Dengan diskusi maka setiap siswa akan aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu upaya yang dilakukan peneliti adalah memberikan LKS, dan juga melakukan presentasi hasil diskusi kelompok, untuk kelompok lain memberikan pertanyaan dan juga tanggapan. Dari upaya tersebut menunjukkan adanya peningkatan komunikasi matematis. Kata kunci : Komunikasi matematis, Model pembelajaran kooperatif tipe Thik-Talk-Write (TTW)
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 06:53 |
Last Modified: | 19 Apr 2018 06:53 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3895 |
Actions (login required)
View Item |