PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF DAN METODE PEMBELAJARAN STRATAGEM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BUNGKAL

ASIH, MUTIA RETNA (2018) PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF DAN METODE PEMBELAJARAN STRATAGEM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BUNGKAL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang memperoleh metode pembelajaran debat aktif dengan siswa yang memperoleh metode pembelajaran stratagem. Penelitian ini merupakan penelitian true-experimental dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bungkal yang terdiri dari lima kelas. Pemilihan kelas sampel menggunakan teknik cluster sampling. Dari lima kelas tersebut, kelas VIIIA dan VIIIE terpilih secara acak sebagai sampel. Kelas VIII A diberi perlakuan metode debat aktif dan kelas VIII E diberi perlakuan metode stratagem. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan instrumen yang digunakan berupa soal tes prestasi belajar matematika. Teknik analisis data untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang memperoleh metode pembelajaran debat aktif dan siswa yang memperoleh metode pembelajaran stratagem adalah dengan menggunakan uji t. Berdasarkan penelitian pada taraf signifikansi 0.05, menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa yang memperoleh metode pembelajaran debat aktif dan siswa yang memperoleh metode pembelajaran stratagem. Kata Kunci: Debat Aktif, Stratagem, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Apr 2018 14:26
Last Modified: 19 Apr 2018 14:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item