WIJAYANTI, WIJI (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM KELAS VIII-A DI MTs MA’ARIF AL-ISHLAH BUNGKAL TAHUN AJARAN 2017/2018. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (863kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui persentasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan garis lurus berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom, (2) mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan garis lurus berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom, (3) mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan garis lurus berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Polulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Kelas VIII-A dipilih sebagai sampel yang akan diteliti.Kelas tersebut dipilih dari hasil tes uji coba yang dilakukan dan dari rekomendasi guru pembimbing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes, wawancara, audio recorder dan dokumentasi. Sedangkan instrument yang digunakan adalah soal tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan garis lurus. Uji keabsahan data dengan ketekunan pengamat dan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) persentase kesalahan siswa dalam aspek mengingat adalah sebesar 55,56%. Persentase kesalahan ini dikategorikan sebagai kasalahan tingkat cukup, (2) persentase kesalahan siswa dalam aspek memahami adalah sebesar 75,50%. persentase kesalahan ini dikategorikan sebagai kesalahan tingkat tinggi, (3) Persentase kesalahan siswa dalam aspek mengaplikasikan adalah sebesar 76,50%. Persentase kesalahan ini dikategorikan sebagai kesalahan tingkat tinggi. Jenis kesalahan siswa dalam aspek mengingat adalah kesalahan memahami bahasa soal. Jenis kesalahan siswa dalam aspek mengingat dan mengaplikasikan adalah kesalahan prinsip, kesalahan transformasi dan kesalahan menghitung. Faktor dan penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu, kesalahan aspek mengingat terjadi karena siswa tidak mampu memahami bahasa soal, sehingga siswa tidak mampu menjawab dengan benar. Kesalahan siswa pada aspek memahami dan aspek mengaplikasikan terjadi karena kesalahan dasar, yaitu siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan oleh soal. Kesalahan dalam aspek memahami terjadi karena siswa tidak mengetahui penggunaan rumus yang tepat dan kurangnya kemampuan siswa dalam konsep perhitungan matematika, utamanya masalah tanda operasi. Kesalahan dalam aspek mengaplikasikan disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memilih rumus yang tepat dan kurangnya kemampuan siswa dalam operasi perhitungan aljabar utamanya dalam memindah ruas. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Materi Persamaan Garis Lurus, Ranah Kognitif Taksonomi Bloom
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 04:08 |
Last Modified: | 20 Apr 2018 04:08 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3912 |
Actions (login required)
View Item |