MANAJEMEN PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA KRAJAN KREBET JAMBON PONOROGO

WINDA, WINDA (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA KRAJAN KREBET JAMBON PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (307kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Winda. 2018. Manajemen Pembelajaran Madrasah Diniyah Nurul Huda Krajan Krebet Jambon Ponorogo. Skripsi. Program Strata (S-1), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : (I) Syarifan Nurjan, MA (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata kunci: Manajemen, Pembelajaran Madrasah Diniyah Manajemen merupakan aspek yang urgen dalam lembaga pendidikan islam. Implementasi manajemen pendidikan islam secara komprehensif akan mampu meningkatkan mutu pendidikan islam. Manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan islam secara islami dengan cara menyiasati sumber-sumber belajar dan hal-hal lain yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan islam secara efektif dan efesien. Madrasah Diniyah Nurul Huda menerapkan manajemen pendidikan islam yang baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya madrsah diniyah yang dikelola dengan sistem pembelajaran yang sangat baik mengacu pada konsep manajemen pendidikan islam. Program unggulan yang ditawarkan kepada santri adalah madrasah diniyah adalah diwajibkannya menghafalkan jus 30 dan 40 doa-doa seperti doa keseharian (doa keluar dan masuk masjid dan lain-lain). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Madrasah Diniyah Nurul Huda, bagaimana manajemen yang diterapkan di Madrasah Diniyah Nurul Huda, dan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan Madrasah Diniyah Nurul Huda. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode penelitian pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Di dalam penelitian ini peneliti mewawancarai kepala sekolah, guru kelas dan wali murid. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis, dalam hal ini peneliti melakukan wawancara lalu pengamatan secara langsung di lokasi sehingga peneliti dapat menggambarkan secara menyeluruh tentang pelaksanaan pembelajaran dan manajemen Madrasah Diniyah Nurul Huda. Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut: (1) Manajemen Madrasah Diniyah Nurul Huda yang meliputi perencanaan yaitu membahas tentang persiapan guru dalam mengajar yaitu dengan cara pemahaman materi sebelum diajarkan dan penentuan sasaran yaitu terletak pada hafalan jus 30 dan doa sehari-hari, pengorganisasian yang membahas tentang penyusunan struktur organisasi yang kepala sekolah sendiri menyesuaikan akan kemampuan guru dalam mengajar, pelaksanaan atau penggerakan yang membahas tentang runtutan pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Diniyah Nurul Huda dan pengawasan yang membahas tentang pengawasan yang dilakukan oleh kepala madrasah diniyah yaitu dengan cara mengajar dengan cara bergilir dari kelas satu sampai kelas empat. (2) Kelebihan Manajemen Madrasah Diniyah Nurul Huda adaalaah terletak pada hafalan juz 30 dan doa sehari-hari yang diterapkan pada semua santri. Sedangkan kekurangannya adalah sarana prasarana yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 08 Oct 2018 01:09
Last Modified: 08 Oct 2018 01:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4212

Actions (login required)

View Item View Item