PENGARUH PROMOSI, FASILITAS DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN POLIS ASURANSI JIWA ( Studi pada PT Asuransi Jiwa Sinarmas (MSIG Life) Cabang Madiun )

Setyawan, Riza (2014) PENGARUH PROMOSI, FASILITAS DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN POLIS ASURANSI JIWA ( Studi pada PT Asuransi Jiwa Sinarmas (MSIG Life) Cabang Madiun ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
bab II-bab V Riza Setyawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img]
Preview
Text
hal dpan-bab 1 Riza Setyawan.pdf

Download (380kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

RINGKASAN Promosi yang intensif didukung dengan fasilitas yang lengkap dan kualitas layanan yang prima dalam perusahaan jasa asuransi jiwa khususnya akan mempengaruhi keputusan pembelian. Beberapa faktor yang diperhatikan PT Asuransi Jiwa Sinarmas untuk mampu bersaing dengan perusahaan sejenis adalah faktor promosi, fasilitas dan kualitas layanan yang prima. Sehingga mampu menarik minat masyarakat yang akan mengasuransikan dirinya atau keluarganya ke PT Asuransi Jiwa Sinarmas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa di PT Asuransi Jiwa Sinarmas? (2) Apakah terdapat pengaruh fasilitas terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa di PT Asuransi Jiwa Sinarmas? (3) Apakah terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa di PT Asuransi Jiwa Sinarmas? (4) Apakah faktor kualitas layanan yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa di PT Asuransi Jiwa Sinarmas?. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa di PT Asuransi Jiwa Sinarmas. (2) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa di PT Asuransi Jiwa Sinarmas. (3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa di PT Asuransi Jiwa Sinarmas. (4) Untuk mengetahui faktor paling dominan terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa di PT Asuransi Jiwa Sinarmas. Hasil persamaan regresi linier bergandanya setelah diolah menggunakan SPSS 16.0 adalah Y = 3,443 + 0,159 X1 + 0,241 X2 + 0,355 X3. Dari persamaan regresi linier berganda diatas menunjukkan bahwa variabelpromosi, fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian polis Asuransi Jiwa Sinarmas. Penjelasan besarnya pengaruh dari masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen dijelaskan sebagai berikut : (a) Constanta = 3,443 artinya jika variabel X1, X2, dan X3 tidak ada maka keputusan pembelian dalam membeli polis Asuransi Jiwa Sinarmas nilainya adalah 3,443. Hal ini dimaksudkan jika faktor – faktor yang dibahas dalam penelitian ini dalam keadaan konstan atau tidak ada, maka keputusan pembelian dalam membeli polis Asuransi Jiwa Sinarmas sebesar 3,443. (b) Variabel pertama yaitu promosi mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dimana nilai hasil koefisien regresi sebesar 0,159. Hal ini berarti bahwa apabila variabel promosi naik satu satuan , maka keputusan pembelian akan naik sebesar 0,159, dimana faktor lainnya dalam keadaan konstan. (c) Variabel kedua yaitu fasilitas mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian polis Asuransi Jiwa Sinarmas, dimana nilai hasil koefisien regresi sebesar 0,241, yang berarti bahwa apabila variabel fasilitas terdapat peningkatan dalam satu satuan, maka keputusan pembelian akan naik sebesar 0,241,dimana faktor lainnya dalam keadaan konstan. (d) Variabel ketiga yaitu kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dimana nilai hasil koefisien regresi sebesar 0,355, yang berarti bahwa apabila variabel kualitas pelayanan terdapat peningkatan dalam satu satuan, maka keputusan pembelian akan naik sebesar 0,355,dimana faktor lainnya dalam keadaan konstan. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,349. Hal ini berarti 34,9% keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh promosi, fasilitas, dan kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya yaitu 65,1% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil dari pengujian hipotesis menggunakan uji parsial “t” diketahui variabel promosi, fasilitas dan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa di PT Asuransi Jiwa Sinarmas Cabang Madiun, ini dibuktikan dari ketiga variable tersebut dengan nilai t hitung > t tabel. Hasil dari uji serempak “F” di dapat nilai sebesar 10,566 dan F tabel sebesar 8,58,sehingga dapat disimpulkan bahwa F hitung> F tabel, yang berarti variabel promosi, fasilitas dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Editor FE
Date Deposited: 24 Apr 2014 02:07
Last Modified: 24 Apr 2014 02:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item