MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BILANGAN PECAHAN BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA KELAS VII C MTS AL-AZHAR SAMPUNG PONOROGO

ZAHROTUL, HUMAIRO’ (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BILANGAN PECAHAN BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA KELAS VII C MTS AL-AZHAR SAMPUNG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text
LAMPIRAN WM.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbantuan software GeoGebra yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi bilangan pecahan dan 2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah pada materi bilangan pecahan di SMP kelas VII berbantuan software GeoGebra. Dari hasil observasi dan data pretes diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah pada materi pecahan masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini memiliki empat tahapan, 1) Tahap Perencanaan, 2) Tahap Pelaksanaan, 3) Tahap Pengamatan 4) Tahap Refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas VII C MTs Al-Azhar yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,catatan lapangan, tes dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi aktivitas pembelajaran, lembar angket, instrument tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis kemampuan pemcahan masalah berupa analisis data kuantitatif Sedangkan untuk menganalisis observasi adalah dengan analisis data kuantitatif kemudian dijelaskan secara kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan pembelajaran menggunakan bantuan software geogebra dalam kriteia sangat baik. Hasil penelitian ini adalah software GeoGebra sangat efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajarn matematika. Hasil tes membuktikan software GeoGebra pada materi bilangan pecahan dapat meningkat kemampuan pemecahan masalah karena bantuan software GeoGebra, yang terakhir kategori respon siswa terhadap software GeoGebra masuk dalam criteria sangat baik. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah, Software GeoGebra

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:59
Last Modified: 08 Oct 2018 06:59
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item View Item