IDENTIFIKASI KONSEP DIRI PADA REMAJA Di SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo

TUBAGUS, RONGGO AJI (2018) IDENTIFIKASI KONSEP DIRI PADA REMAJA Di SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo. Tugas Akhir (D3) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (781kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Remaja biasanya mulai mengalami kebingungan dengan identitas diri mereka. Remaja mulai mencari tahu siapa diri mereka, seperti apa watak mereka dan bagaimana orang lain menilai diri mereka. Oleh sebab itu, pembentukan konsep diri pada remaja sangat penting karena akan mempengaruhi kepribadian, tingkah laku, dan pemahaman terhadap diri remaja itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi konsep diri pada remaja yang meliputi : gambaran diri, ideal diri, harga diri, peran diri, dan identitas diri. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Random Sampling berjumlah 30 responden, dengan jumlah populasi 64 siswa remaja, teknik pengumpulan data dengan kuisioner, teknik analisa menggunakan rumus mean. Hasil penelitian dari 30 responden didapatkan hasil 20 responden (66,67%) memiliki peran diri positif dan 10 responden (33,33%) memiliki peran diri negatif, 19 responden (63,33%) memiliki gambaran diri positif dan 11 responden (36,67%) memiliki gambaran diri negatif, 16 responden (53,33%) memiliki ideal diri positif dan 14 responden (46,67%) memiliki ideal diri negatif, 16 responden (53,33%) memiliki harga diri positif dan 14 responden (46,67%) memiliki harga diri negatif, 13 responden (43,33%) memiliki identitas diri positif dan 17 responden (56,67%) memiliki identitas diri negatif. Hal ini dipengaruhi jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan tinggal bersama orang tua. Berdasarkan penelitian diharapkan remaja diharapkan untuk menanamkan konsep diri yang positif didalam dirinya dengan cara mengenali siapa dirinya, apa kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk tidak berhenti melakukan penelitian tentang identifikasi konsep diri pada remaja dengan populasi dan responden yang lebih banyak lagi serta mencari teori dan referensi yang lebih luas untuk digunakan sebagai acuan penelitian selanjutnya supaya tercapai ketelitian dan validitas penelitian yang optimal. Kata kunci : Identifikasi, Konsep Diri, Remaja

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (D3))
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing D3
Depositing User: Editor FIK
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:51
Last Modified: 10 Oct 2018 06:51
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4446

Actions (login required)

View Item View Item