MINAH, MINAH (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALUI MEDIA POHON HITUNG DARI TUTUP BOTOL PADA KELOMPOK B (5-6 TAHUN) DI BA ‘AISYIYAH SIMO I JENANGAN PONOROGO TAHUN 2018/2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
cover sikripsi.pdf Download (733kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (458kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (555kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
|
Text
LAMPIRAN -LAMPIRAN SKRIPSI PAK MUHIB.pdf Download (2MB) |
Abstract
MINAH: Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Media Pohon Hitung dari Tutup Botol pada Kelompok B (5-6 tahun) di BA ‘Aisyiyah Simo I Jenangan Ponorogo Tahun 2018/2019. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: Dapat mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa melalui media Pohon Hitung dari Tutup Botol, pada kelompok B di BA’Aisyiyah simo 1 pada Tahun pelajaran 2018/2019. Media pohon hitung dari tutup botol dipiliih karena dirasa cocok untuk mengembangkan kemampuaan kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelopmpok B B di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Simo I Jenangan Ponorogo yang berjumlah 17 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman: (1)pengumpulan Data, (2) Reduksi Data, (3) Penyajian Data (4) Penarikan Data/Verifikasi kesimpulan. Indikator keberhasilan dalamTindakan Penelitian ini dinyatakan berhasil apa bila presentase kemampuan kognitif siswa masuk katagori minimal Baik mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kognitif siswa melalui media pohon hitung dari tutup botol mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditujukkan dari presentase kemampuan kognitif siswa mulai dari sebelum tindakan yang termasuk kriteria baik sebesar 29,41%. Pada siklus I yang mengalami peningkatan pada kriteria cukup 59,82%. Pada tindakan siklus II presentase kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan sangat baik yaitu sebesar 82,35%, padahal peneliti hanya mentargetkan kriteria miniaml baik dengan presentase sebasar 75%. Jadi penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil, karena sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 75%. Persentase kemampuan kognitif siswa melalui media pohon hitung dari tutup botol kelompok B di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Simo I Jenangan Ponorogo. Sudah memenuhi kriteria sangat baik yaitu sebesar 82,35%. Kata kunci: Kemampuan kognitif, Media pohon hitung dari tutup botol.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 06:16 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 06:16 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4529 |
Actions (login required)
View Item |