PARYANTI, PARYANTI (2018) PELAKSANAAN STIMULASI KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MENGGAMBAR DI BA ‘AISYIYAH YANGGONG JENANGAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (661kB) |
|
Text
BAB I PDF..pdf Download (286kB) |
|
Text
BAB II PDF..pdf Download (310kB) |
|
Text
BAB III PDF..pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
Text
BAB IV PDF..pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
|
Text
BAB V PDF..pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF..pdf Download (382kB) |
|
Text
LAMPIRAN FIX.pdf Download (1MB) |
Abstract
PARYANTI: Pelaksanaan Stimulasi Kemampuan Menulis Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggambar di BA ‘Aisyiyah Yanggong Jenangan. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan stimulasi kemampuan menulis anak usia 4-5 tahun dengan menggambar di BA ‘Aisyiyah Yanggong Jenangan. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan stimulasi kemampuam menulis dengan menggambar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif diskriptif, dilaksanakan di BA ‘Aisyiyah Yanggong Jenangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok A yang berjumlah 10. Kepala sekolah dan guru kelomppok A sebagai informan. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan stimulasi kemampuan menulis anak usia 4-5 tahun dengan menggambar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi metode dan sumber. Tehnik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, tahap yang ditempuh yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahapan pelaksanaan stimulasi kemampuan menulis anak usia 4-5 tahun dengan menggambar di BA ‘Aisyiyah Yanggong Jenangan, sebagai berikut: Tahap pertama gambar anak berupa coretan acak. Tahap kedua gambar anak menyerupai bentuk huruf. Tahap ketiga anak membuat gambar dan menulis huruf awal. Tahap keempat anak dapat menulis namanya sendiri dan meniru menulis kata. Faktor pendukung pelaksanaan stimulasi kemampuan menulis dengan menggambar: guru menguasai metode pembelajar menulis dengan menggambar sehingga dapat mengembangkan kemampuan menulis anak, ketersediaan media dan peralatan yang lengkap di lembaga. Faktor penghambat pelaksanaan stimulasi kemampuan menulis dengan menggambar diantaranya: ada anak yang belum mau mengikuti pembelajaran dan lebih suka bermain, orang tua kurang memfasilitasi terhadap peralatan pembelajaran. Kata kunci : Stimulasi, Kemampuan menulis, Menggambar
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 06:20 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 06:20 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4530 |
Actions (login required)
View Item |