MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN TAHFIZH QUR`AN AHMAD DAHLAN PONOROGO

PANUSUNAN, RAMBE (2019) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN TAHFIZH QUR`AN AHMAD DAHLAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (960kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (238kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Manajemen dalam suatu lembaga pendidikan merupakan salah satu pertimbangan yang sangat penting bagi orang tua dalam memilih lembaga pendidikan untuk putra/i mereka. Manajemen pendidikan Islam berbasis tahfizh di PPTQ Ahmad dahlan Ponorogo merupakan seluruh aktivitas pendidikan yang ada di PPTQ Ahmad dahlan Ponorogo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan Islam yang ada di PPTQ Ahmad Dahlan Ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen yang ada di PPTQ Ahmad Dahlan Ponorogo karena Pendidikan Islam yang ada bukan hanya untuk santri melainkan juga ditujukan kepada masyarakat sekitar Ponorogo untuk belajar tentang Islam dan AL-Qur`an. Selain hal tersebut, setiap santri diwajibkan untuk hafalan Al-Qur`an selain pendidikan formal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah manajemen pendidikan Islam yang ada di PPTQ Ahmad dahlan Ponorogo telah dilakukan dengan berlandaskan tahfizh. Manajemen pendidikan Islam yang dilakukan bukan hanya ditujukan kepada santri namun juga untuk masyarakat sekitar Ponorogo. Adapun tahap manajemen selanjutnya adalah: 1) Perencanaan pendidikan Islam di PPTQ Ahmad dahlan Ponorogo yang meliputi a. Perencanaan program pendidikan Islam di sekolah SMP dan SMA tahfizh, b. Perencanaan program pendidikan Islam di Ma`had Aly, c. Perencanaan program pendidikan Islam untuk masyarakat sekitar Ponorogo. 2) Pelaksanaan pendidikan Islam di PPTQ Ahmad Dahlan Ponorogo yang meliputi a. Pelaksanaan program pendidikan Islam di sekolah SMP dan SMA tahfizh, b. Pelaksanaan program pendidikan Islam di Ma`had Aly, c. Perencanaan pendidikan Islam untuk pengembangan santri melalui kegiatan non-Akademik, d. Pelaksanaan program pendidikan Islam untuk masyarakat sekitar Ponorogo. 3) Evaluasi pendidikan Islam di PPTQ Ahmad dahlan Ponorogo yang meliputi a. Evaluasi program pendidikan Islam di sekolah SMP dan SMA tahfizh, b. Evaluasi program pendidikan Islam di Ma`had Aly, c. Evaluasi program pendidikan Islam untuk masyarakat sekitar Ponorogo. Tahap awal perencanaan dilakukan dengan menyusun kurikulum yang memadukan antara materi pesantren dan kurikulum nasional yang disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan terbentuknya PPTQ Ahmad Dahlan Ponorogo. Pelaksanaan manajemen yang ada di PPTQ Ahmad Dahlan Ponorogo secara garis besar adalah untuk mengembangkan akademis dan non akademis. Evaluasi yang dilakukan dengan dua cara, yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:05
Last Modified: 25 Mar 2019 04:05
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4571

Actions (login required)

View Item View Item