WAHIB TAUFIQ, SUBAN (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI HAKEKAT DAN MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI METODE VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 MLARAK PONOROGO TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
Artikel.docx Download (313kB) |
||
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Keaktifan siswa belajar selalu terjadi dalam setiap pengajaran, perbedaannya terletak dalam kadar keaktifan belajar yang rentangannya mulai dari yang terendah sampai yang tinggi, Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Mlarak Ponorogo selama ini keaktifan siswa untuk belajar PKn masih sangat rendah yang dibuktikan dengan tingkah laku siswa yang tidak sesuai dengan kegiatan pembelajaran. Salah satu yang diduga menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn adalah strategi guru dalam menyampaikan pelajaran masih kurang tepat. Dalam hal ini guru masih kurang menggunakan metode pembelajaran yang baru yang lebih membuat siswa aktif dan antusias dalam belajar PKn, metode yang digunakan guru itu cenderung membuat siswa tidak fokus pada apa yang sedang dipelajari dan yang harus diperhatikan dan hal ini yang menyebabkan prestasi belajar PKn siswa rendah. Sehubungan dengan hal tersebut penulis akan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sebuah metode teknik mengklarifikasi nilai atau Value Clarification Technique (VCT) yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kewarganegaraan. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada mata pelajaran pkn materi hakekat dan makna proklamasi kemerdekaan kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2013/2014. 2). Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada mata pelajaran pkn materi hakekat dan makna proklamasi kemerdekaan kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2013/2014. Sumber data berupa hasil pengamatan proses pembelajaran dan hasil tes siswa. Proses yang diamati mencakup aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam penerapan metode Value Clarification Technique (VCT). Data peningkatan prestasi diambil dari hasil tes akhir siswa. Prestasi belajar PKn siswa SMP Muhammadiyah 7 Mlarak Ponorogo pada Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Prasiklus menunjukkan pada tingkatan prestasi yang rendah yang ditunjukkan dengan berbagai macam tingkah laku siswa yang menunjukkan kurangnya perhatian siswa dan minat siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran sebelum menggunakan metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Setelah dilaksanakan PTK yang menggunakan metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) prestasi siswa mulai ada peningkatan di setiap siklus pembelajaran. Dari hasil pengamatan tes akhir memperlihatkan peningkatan, pada siklus I rata-rata skor yang diperoleh adalah 70,64 yang berada pada kategori cukup dan menjadi 80,77 pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Mlarak Ponorogo tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci : Metode Value Clarification Technique (VCT), Prestasi Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 02 May 2014 03:42 |
Last Modified: | 02 May 2014 03:42 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/463 |
Actions (login required)
View Item |