ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SIMAN PONOROGO PADA KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN TEORI APOS

DIMAS, TRI PAMUNGKAS (2019) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SIMAN PONOROGO PADA KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN TEORI APOS. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Siman Ponorogo pada konsep bangun ruang sisi datar berdasarkan teori APOS. Tujuan Penelitian ini didasarkan pengamatan peneliti di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo yaitu ditemukan fenomena bahwa tingkat pemahaman konsep materi bangun ruang sisi datar yang dimiliki masing-masing siswa kelas IX ternyata tidaklah sama. Sebagian siswa telah mampu mengaitkan konsep bangun ruang sisi datar dengan konsep lain namun juga tidak sedikit siswa yang bahkan tidak mampu membedakan mana bangun yang termasuk bangun ruang sisi datar dan bukan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Siman sebanyak 18 siswa. Selanjutnya dari 18 siswa ini dipilih 3 siswa. Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu tes tingkat pemahaman konsep berdasarkan teori APOS dan wawancara. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes tingkat pemahaman konsep berdasarkan teori APOS dan lembar panduan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif, model ini merujuk pada konsep Miles dan Hubberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan deskripsi tingkat pemahaman siswa kelas IX SMP Negeri 1 Siman Ponorogo pada konsep bangun ruang sisi datar berdasarkan teori APOS. Subjek penelitian yang pertama yaitu subjek DNU berada pada tingkat proses. Subjek penelitian yang kedua yaitu subjek ELS berada pada tingkat objek.Subjek penelitian yang ketiga yaitu subjek LLY berada pada tingkat skema. Kata Kunci:Teori APOS (Aksi, Proses, Objek, dan Skema), PemahamanKonsep.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:21
Last Modified: 09 Apr 2019 03:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4682

Actions (login required)

View Item View Item